Kenapa Zebra Cross Pakai Garis Hitam Putih? Begini Sejarah Asal Usulnya

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 16:28 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 01 87 2510199 kenapa-zebra-cross-pakai-garis-hitam-putih-begini-sejarah-asal-usulnya-5Th9U3LB1m.jpg Zebra cross (Freepik)

ANDA pasti sering menjumpai zebra cross atau tempat penyeberangan bagi pejalan kaki di jalan raya.

Zebra cross biasanya banyak ditemui di persimpangan-persimpangan jalan atau saat ada traffic light, dan juga di depan sekolah, rumah sakit serta tempat publik lainnya.

Tapi tahukah Anda tentang sejarah zebra cross? Kenapa garisnya hitam putih?

 Baca juga: Zebra Cross Anti Tabrak Pengguna Jalan Bikin Kendaraan Auto Berhenti

Awalnya, garis hitam putih mencolok di jalan tidak disebut zebra cross.

Mengutip The Hindu, pada 1930-an, ini adalah eksperimen di Inggris untuk mengizinkan pejalan kaki menyeberang jalan karena lalu lintas London cukup kacau dan tidak ada cara atau ruang yang sistematis bagi orang untuk menyeberang.

 

Suatu hari, seorang politisi Inggris yang mengunjungi perlintasan percobaan itu secara spontan menyebut nya 'Zebra Crossing'. Zebra cross saat ini dikenal baik secara global dan juga menginspirasi penyeberangan lainnya.

Sementara itu, menurut laman Ground to Ground, zebra cross lahir pada tanggal 31 Oktober 1951 sebagai solusi untuk menjadikan penyeberangan jalan lebih aman bagi semua orang.

Setelah perang, jumlah lalu lintas di jalan-jalan Inggris meningkat dari tahun ke tahun. Meskipun tidak seperti jumlah mobil yang ada saat ini, peningkatan lalu lintas yang dikombinasikan dengan pejalan kaki yang tidak terbiasa dengan mobil meningkatkan resiko kematian akibat kecelakaan sangat tinggi.

Baca juga: Zebra Keluyuran di Jalan Raya Jadi Hiburan Pengendara, Serasa di Kebun Binatang

Salah satu masalah utama adalah penyeberangan pejalan kaki ditandai dengan kancing logam.

Tanda ini mudah dilihat bagi mereka yang berjalan di seberang jalan, tetapi tidak mudah dilihat dari sudut pandang pengemudi. Ini berarti mereka biasanya tidak terlihat oleh pengendara sampai terlambat untuk berhenti. Jelas bahwa gaya penyeberangan pejalan kaki yang lebih terlihat diperlukan.

Selama akhir 1940-an, eksperimen dengan marka jalan yang berbeda dilakukan di seribu lokasi di seluruh Inggris.

Dengan semua pengujian, ada satu pola yang terbukti paling efektif yakni dengan garis-garis hitam dan putih yang kita kenal sekarang.

Tidak hanya garis-garis yang terlihat dari jauh yang memberi pengemudi cukup waktu untuk mengurangi kecepatan mereka, tetapi pejalan kaki yang berjalan di seberang jalan juga dapat melihatnya dengan jelas.

Lalu siapa orang pertama yang membuat motif garis-garis khas penghuni sabana Afrika ini?

 ilustrasi

Cerita berlanjut dan menyebutkan bahwa Jim Callaghan, yang saat itu merupakan Anggota Parlemen pada akhir 1940-an dan kemudian menjadi Perdana Menteri, adalah orang yang memberi julukan itu.

Dia rupanya mengunjungi eksperimen penyeberangan jalan dan mengamati bahwa mereka tampak seperti makhluk bergaris zebra

Penyeberangan zebra sederhana menjadi bagian ikon dari budaya pop berkat sampul album Abbey Road oleh The Beatles.

Persimpangan khusus ini masih ada dan merupakan situs wisata populer di London, dengan banyak turis berpose untuk membuat ulang foto terkenal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini