Share

Modifikasi Motor Custom Bobber, Biaya Bisa Capai Ratusan Juta

Lina Sharfina, Jurnalis · Kamis 02 Desember 2021 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 02 53 2510895 modifikasi-motor-custom-bobber-biaya-bisa-capai-ratusan-juta-rtuda6Esmj.jpg Motor modifikasi bobber (YouTube/moto pilot

JAKARTA - Saat ini motor custom kembali menjamur di tengah masyarakat.

Tumbuh kembangnya sepeda motor custom di tanah air juga di tunjang dengan banyaknya bengkel custom motor yang berdiri untuk memenuhi kebutuhan para bikers yang hobi melakukan modifikasi pada motornya.

Motor bobber pertama kali hadir di Amerika Serikat (AS) dan dibawa oleh para veteran perang yang memiliki ketertarikan dengan motor Eropa. Tujuan utama dibuatnya motor custom bobber untuk membuat motor seringan mungkin namun tetap legal ketika digunakan di jalanan.

Untuk itu, pembuatan motor custom ini memaksa untuk mengorbankan cukup banyak bagian. Seperti halnya menghilangkan fender atau spakbor dibagian sisi depan dan memperkecil ukuran fender atau spakbor bagian belakang.

Motor bobber juga mengharuskan spion dilepas dan membuat lampu utama dibuat berukuran kecil serta merubah stang dan membuat jok sekecil mungkin.

Bahkan jika semua modifikasi sudah dilakukan dan motor masih dirasa berat, bagian pengereman juga akan diganti dengan model Eropa yang memiliki bobot yang cukup ringan.

Keberadaan motor custom bobber terus memikat para bikers yang ingin tampil beda. Bahkan pengembangan motor custom terus di tingkatkan, sampai akhirnya muncul konsep motor retro custom bobber chopper.

Konsep utama modifikasi motor custom ini lebih cenderung membawa tema klasik vintage. Hal tersebut biasanya membuat motor yang akan dikonsep menjadi custom bobber benar-benar harus di rubah total.

Mulai dari bagian tangki bahan bakar yang di buat lebih kecil, frame atau sasis yang diubah, serta penggunaan velg motor bentuk jari-jari juga lebih di rekomendasikan.

Untuk menguatkan aura bobbernya, penggunaan ban dengan ukuran besar pun cenderung lebih di prioritaskan. Dengan semua itu, tidak heran apabila biaya modifikasi motor custom bobber terbilang cukup mahal.

Bahan Custom Motor Bobber

Para builder lebih merekomendasikan untuk memakai motor Yamaha Scorpio, Suzuki Tunder 250 dan atau motor Honda Tiger. Hal tersebut karena motor-motor tersebut sudah memiliki mesin diatas 200cc sehingga tenaganya akan cukup maksimal.

Biaya Modifikasi Motor Custom Bobber

Biaya untuk modifikasi motor custom bobber sebenarnya tidak ada biaya patokan khusus mengingat part dan aksesoris tambahan lainnya bisa disesuikan sesuai dengan keinginan. Karena harga bahan atau motor utamanya pun juga berbeda-beda.

Misalnya untuk motor Yamaha Scorpio tahun 2005 sampai 2010 bisa didapat Rp8 juta. Sementara Tiger ditawarkan mulai dari Rp4 juta sampai Rp18 juta tergantung kondisinya. Sedangkan Thunder Rp15 juta sampai Rp200 juta. Perlu diingat, harga tersebut merupakan tarif awal untuk motor bahannya dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Waktu Pengerjaan Modifikasi Motor Custom Bobber

Untuk melakukan modifikasi dengan gaya bobber setidaknya dibutuhkan waktu 2 sampai 3 bulan untuk medapatkan hasil yang maksimal. Dimana rentang waktu tersebut digunakan untuk berbagai kebutuhan seperti belanja bahan sampai dengan merakitnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini