Mobil Berhenti di Lampu Merah Baiknya Gunakan Hand Brake atau Rem Kaki?

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 13:48 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 52 2511367 mobil-berhenti-di-lampu-merah-baiknya-gunakan-hand-brake-atau-rem-kaki-amzTufQKir.jpg Ilustrasi rem tangan (Yourmechanic)

BERHENTI di lampu merah atau traffic light pengemudi mobil biasanya memilih menarik rem tangan atau hand brake untuk menghentikan laju mobil. Ada juga yang menginjak rem kaki. Mana yang lebih aman dilakukan?

Ada sekelompok orang yang berpendapat bahwa menginjak rem saat lampu merah itu akan memberikan info pada pengemudi belakang bahwa Anda sedang mengerem, meningkatkan fokus karena baik pengeliatan maupun respon kaki menunjukan kesigapan dan fokus berkendara.

Baca juga:  Lampu Rem Tangan Mobil Mati Tiba-Tiba? Ini 5 Penyebabnya

Disamping itu juga ada sekelompok pemilik kendaraan bermobil lainnya memilih untuk menggunakan rem tangan saat kondisi lampu merah. Hal itu umumnya dilakukan pengemudi untuk ajang bersantai da beristirahat sejenak.

Selain itu dengan menggunakan rem tangan maka akan lebih aman ketimbang menginjak rem terus-menerus akan mengakibatkan inajakan rem melemah dan refleknya kaki melepas rem secara tiba-tiba.

Kesimpulannya yakni tergantung dengan kondisi jalan yang dilalui oleh pemilik kendaraan. Jika kondisi dan posisi mobil macet ditengah keberadaan jalan menanjak tanpa lampu merah maka lebih baik dan aman menggunakan rem tangan untuk keamanan mobil tetap berada di posisi.

Namun hal ini berbeda untuk kondisi kemacetan lampu merah di jalan lurus perkotaan memang ada baiknya menginjak rem.

Mengutip dari laman resmi Suzuki, Jumat (03/12/2021), Trainer dari Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmanau menjelaskan penggunaan hand brake saat berhenti di lampu merah merupakan keputusan yang kurang tepat. Pasalnya, keputusan ini justru malah akan membuat Anda jadi kurang waspada dengan kondisi sekitar.

Baca juga: Kiat Menghentikan Mobil di Tanjakan

Sebab dengan menggunakan handbrake akan mengurangi fokus dalam berkendara. Maka dari itu gunakan rem kaki saat berhenti dilampu merah.

Hal itu ditujukan untuk memberikan info pada pengendara belakang Selain itu posisi kaki yang tetap berada di pedal rem dapat membuat Anda tetap fokus dan waspada dengan kondisi sekitar, termasuk saat lampu hijau sudah menyala atau ketika ada pengemudi lainnya yang mencoba untuk menerobos ke depan dengan memanfaatkan ruang sempit.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini