Impresi Jajal All New Xenia 2 Hari dari Kulon Progo ke Semarang, Nanjaknya Oke Juga

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 14:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 52 2511429 impresi-jajal-all-new-xenia-2-hari-dari-kulon-progo-ke-semarang-nanjaknya-oke-juga-4waBKF6APQ.JPG Test drive mobil All New Xenia 2021 (MPI/Bertold)

PT ASTRA Daihatsu Motor meluncurkan mobil terbarunya All New Xenia di pameran GIIAS 2021 bulan lalu dan kini sudah mengaspal di Indonesia. Low MPV tersebut ternyata cukup bertenaga, akselerasinya halus, dan irit bahan bakar.

Sejumlah awak media nasional ikut menjajal atau test drive All New Xenia yang digelar Astra Daihatsu Motor di Kebumen, Jawa Tengah, Kamis 2 Desember 2021. MNC Portal Indonesia memilih mencoba yang tipe 1.3 R dual VVTI ADS bertransmisi manual 5 percepatan.

Berkendara selama 2 hari, rutenya dimulai dari Kulon Progo, Yogyakarta menuju Semarang. Hari pertama, perjalanan dari Kulon Progo menuju Jogosimo, Kebumen.

Baca juga: Diluncurkan di GIIAS 2021, Begini Spesifikasi All-New Xenia yang Cocok Buat Keluarga

Selama perjalanan sejauh kurang lebih 57 Kilometer, rute yang dilalui didominasi trek lurus dengan jalan tambalan yang tidak halus serta berlubang.

 ilustrasi

Berkendaranya cukup mengesankan. Sebab, selama perjalanan bantingan di jalan berlubang dan rusak dapat teredam dengan baik berkat suspensi baru yang terasa dewasa dan stift.

Sesampainya di Jogosimo, para awak media diajak meresmikan konservasi penyu. Kemudian melanjutkan perjalanan bersama menuju Pantai Petanahan, sekalian makan siang.

Baca juga: Daihatsu All New Xenia Diluncurkan di GIIAS 2021, Tersedia 12 Varian Segini Harganya

Selanjutnya ke SMK Muhammadiyah Kutowinangun yang berjarak sekira 30 Kilometer untuk meresmikan fasilitas Daihatsu Skill School Center sebagai sarana pendukung aktivitas belajar mengajar bagi para guru dan siswa di sekolah tersebut.

 

Dari sana, perjalanan lanjut ke Semarang sejauh 180 kilometer melewati jalan aspal yang lurus, berliku, disertai tanjakan dan turunan. Rute itu dilalui dengan kapasitas 5 penumpang plus barang 50 Kg.

Dari pengalaman tersebut didapati bahwa All New Xenia saat menggunakan penggerak depan baru mampu menanjak dengan baik. Hal itu dibuktikan melewati jalur Boja dan Bendungan yang terjal.

Selain itu pengendalian dan handling bermanuver juga makin baik dan rasa limbung saat kecepatan tinggi pun berkurang. Selain itu pengendalian lingkar kemudi steer dan kopling juga sangat ringan. Ini merupakan hal positip karena berkendara kini semakin nyaman, mudah dan tidak gampang lelah.

Hari kedua di Semarang, rombongan awak media melanjutkan perjalanan dengan All New Zenia ke pusat kulineran sekaligus merasakan karakter mesin dan penggerak roda depan bila digunakan di lintas perkotaan.

Hasilnya cukup baik bahwa Low MPV berkapasitas 7 penumpang ini memiliki performa bertenaga, responsif, akselerasi halus, dan efisiensi bahan bakar lebih baik.

Untuk sistem keamanan pada unit yang digunakan oleh MNC Portal selama pengetesan dilengkapi dengan fitur ABS (Antilock Brake System) & EBD (Electronic Brakeforce Distribution), VSC (Vehicle Stability Control), ESS (Emergency Stop Signal), dan Dual Airbag.

 ilustrasi

Jadi secara keseluruhan All New Xenia terbaru 2021 tipe R 1.3 dual VVTI MT ADS lebih nyaman berkat pembaharuan total dari generasi sebelumnya. Tidak hanya itu saja bahkan isu tentang penggerak barunya yang dikabarkan sulit menanjak akhirnya terbantahkan.

Sebab pihak APM telah meracik Engine Control Unit (ECU) sedemikian rupa untuk kondisi jalan di Indonesia. Lalu pemilihan ratio gear yang kecil juga jadi pemicu dapat menanjak tanpa halangan. Jadi mobil ini cocok untuk keluarga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini