Kenali 4 Penyebab Bunyi Decitan pada Timing Belt Mobil

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 15:31 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 52 2511453 kenali-4-penyebab-bunyi-decitan-pada-timing-belt-mobil-5eDwEYlaRf.jpg Timing belt pada mobil

TIMING belt berfungsi sebagai penggerak untuk memutar poros camshaft yang berguna untuk mengatur ritme buka tutup katup. Maka, perlu dilakukan pengecekan berkala terkait kondisi ini.

Terlebih komponen timing belt terbuat dari bahan baku karet. Di mana pasti memiliki masa umur pakainya.

Jika Anda sebagai pemilik kendaraan lalai dan mengabaikan kondisi timing belt maka yang terjadi komponen tersebut akan berbunyi bising seperti ‘ncit ncit ncit ncit’ yang pastinya akan menggangu pendengaran Anda karna memiliki intensitas suara dengan nada tinggi.

Baca juga: Catat! Daftar Lengkap Biaya Resmi Bikin SIM Baru dan Perpanjang, Jangan Sampai Dipungli

Mengutip dari Auto2000, Selasa (2/11/2021), berikut penyebab timing belt mobil Anda berbunyi bising:

1. Pemasangan komponen yang tidak tepat

Seperti yang diketahui bahwa memasang komponen timing belt pada dasarnya tidak boleh sembarangan. Terdapat cara dan aturan yang diterapkan dalam memasangnya.

Selain itu komponen ini juga memiliki pengaturan dalam pengencangan ketika dipasang. Bila komponen salah pemasangan bisa-bisa akan menimbulkan suara menggangu pendengaran Anda.

2. Komponen timing belt sudah getas dan usang

Perlu Anda tahu bahwa timing belt itu sendiri terbuat dari bahan karet. Maka dari itu terdapat masa umur batasan pakainya. Perhatikan bagian belakang timing belt tepatnya pada alur geriginya.

Baca juga: Cek 5 Tips Aman Naik Motor Bagi Wanita Berhijab

Jika terjadi retak dan karetnya mengeras maka itu tandanya timing belt telah usang. Jika dibiarkan maka akan terjadi bunyi berdecit yang tidak hanya mengganu Anda saja sebagai pemilik kendaraan. Akan tetapi bunyi itu dapat mengganggu pengguna jalan lain.

3. Auto tensioner timing belt bermasalah

Komponen ini memiliki tugas untuk mengatur tegangan dan kelonggaran selama komponen tersebut menyala dan beroprasi. Jika auto tensioner melemah maka akan timbul bunyi bising yang terkadang muncul bahkan dapat bunyi di setiap pergerakannya.

Cara memeriksanya sangat mudah. Cukup dengan melihat di bagian ujung shaft auto tensioner terlihat rembesan oli, berarti komponen ini sudah melemah. Jika kendaraan Anda ditemu hal seperti itu maka segera periksa kebengkel untuk melalukan perbaikan.

ilustrasi

4. Ausnya komponen bearing tensioner

Bearing tensioner yang aus juga dapat memicu terjadinya munculnya suara berisik pada timing belt. Hal itu dikarenakan lantaran komponen pada bearing sudah kocak.

Selain itu terdapat juga suara timbul dari idler bearing yang secara bersamaan akan aus komponenya. Maka tidak ada cara lain selain melakukan penggantian pada bearing tensioner sepaket dengan idler bearingnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini