Share

Cek 5 Tips Aman Naik Motor Bagi Wanita Berhijab

Intan Rakhmayanti Dewi, Jurnalis · Jum'at 03 Desember 2021 11:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 03 87 2511299 cek-5-tips-aman-naik-motor-bagi-wanita-berhijab-PdoKLwySXZ.jpg Ilustrasi Sepeda Motor (dok Freepik)

JAKARTA - Kecelakaan seringkali terjadi karena hijab yang digunakan terbelit ke rantai motor. Tidak hanya berbahaya bagi pengendara itu sendiri tapi juga bagi pengendara lain di sekitarnya.

Namun demikian, tak perlu khawatir bagi para wanita berhijab saat mengendarai sepeda motor.

Perhatikan beberapa tips aman naik motor bagi wanita berhijab, dikutip dari laman resmi Suzuki, Jumat (3/12/2021):

1. Gunakan sepeda motor matic

Bagi wanita berhijab sebaiknya gunakan sepeda motor matic, bukan bebek. Pasalnya, mayoritas kasus kecelakaan yang menimpa disebabkan karena jilbab yang tersangkut gear rantai dan menggulung. Motor matic dianggap lebih aman karena memiliki cover depan yang bisa meminimalisir hembusan angin di bagian bawah, tidak memiliki gear bergerigi atau komponen yang digerakkan rantai, dan lebih praktis dikendarai.

2. Lipat hijab jika kepanjangan

Sebelum naik, pastikan jilbab yang Anda kenakan tidak menjuntai, bisa dengan cara mendudukinya, atau sedikit melipatnya dan mengaitkannya ke bagian lainnya. Intinya, jangan sampai menjuntai ke bawah.

3. Rantai motor tertutup

Kalau memang tidak ada motor matic dan terpaksa menggunakan motor bebek, pastikan gear dan rantai motor punya pelindung atau cover.

4. Cek spion

Pengendara sebaiknya memperhatikan kondisi hijab melalui spion. Jika terlihat mengapung-ngapung dan menjuntai, segera atur kembali posisinya agar aman.

5. Kecepatan rendah

Berkendaralah dengan kecepatan rendah, maksimal sekitar 40 kpj. Hal ini dilakukan untuk menghindari risiko buruk akibat jilbab yang menjuntai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini