Share

Kenali Ciri Minyak Rem Mobil Perlu Diganti, Jangan Sampai Nunggu Blong!

Bertold Ananda, Jurnalis · Minggu 05 Desember 2021 12:53 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 05 87 2512174 kenali-ciri-minyak-rem-mobil-perlu-diganti-jangan-sampai-nunggu-blong-gcUOHq1EhX.JPG Ilustrasi (Foto: Auto2000)

MINYAK rem merupakan cairan penting bagi kendaraan, khususnya mobil. Pasalnya, cairan tersebut berguna untuk melumasi seluruh rangkaian dan komponen pengereman. Sehingga kinerja rem dapat berfungsi dengan baik jika cairan atau minyak rem tersebut dalam kondisi bagus.

Pasti sebagian orang banyak yang menyepelekan hal dan kurang memerhatikan kondisi minyak rem mobil, mungkin termasuk Anda.

Nyatanya, perlu diketahui bahwa ini merupakan cairan vital yang berfungsi untuk membuat kinerja rem dapat berjalan dengan lancar sebagai sistem keselamatan dalam mengurangi laju kendaraan dengan instan.

Sehingga, penting lakukan pengecekan minyak rem secara berkala. Pada ulasan yang dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa ciri-ciri yang menunjukkan bahwa kondisi minyak rem perlu dilakukan tindakan penggantian di antaranya:

Baca juga: Awas Rem Lengket jika Mobil Lama Diparkir, Begini Solusinya

Ilustrasi Rem

(Foto: Driversedguru)

Lampu indikator rem menyala

Cara paling sederhana untuk mengetahuinya dengan melihat panel instrumen yang terdapat pada speedometer. Jika terdapat indikator rem yang menyala maka dapat terjadi beberapa faktor, di antaranya rusaknya komponen pada pengereman atau kondisi minyak rem yang sudah basi dan mengandung banyak air.

Kebocoran pada master rem

Itu dapat Anda lihat pada sekeliling kolong mobil Anda. Perhatikan secara teliti bila terdapat tetesan air di jalan. Coba untuk lakukan identifikasi dengan membuka kap mesin dan melihat pada bagian sistem pengereman.

Umumnya, kebocoran terjadi pada seal master rem yang sudah robek maupun getas. Jika itu penyebabnya maka lakukan penggantian seal dengan yang baru dibarengi dengan pengisian minyak rem baru.

Rem ngempos

Rem ngempos atau dapat disebut dengan rem kosong itu dapat menjadi ciri-ciri bahwa cairan minyak rem sudah basi. Hal itu disebabkan karena minyak yang basi dapat menimbulkan saluran hidrolik menjadi mengembang.

Baiknya dengan cepat dan sigap lakukan penggantian dan pengurasan minyak rem dengan baru. Sebab ini penting sebagai tindak keselamatan berkendara di jalan.

Infografis Tips Hemat BBM Kendaraan

Rem blong

Rem pada dasarnya berfungsi sebagai memperlambat dan menghentikan laju kendaraan dengan instan. Maka dari itu bila rem mobil Anda tidak memberentikan laju mobil dengan baik, alias blong maka akan sangat berbahaya.

Baiknya hindari menyetir mobil dengan rem blong serta lakukan pemeriksaan terkait pengereman pada mobil Anda. Umumnya jarang atau tidak pernah mengganti cairan minyak rem dapat memicu terjadinya rem blong.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini