Meluncur Tahun Depan, Begini Spesifikasi SUV Listrik Toyota bZ4X

Rio Chandra, Jurnalis · Selasa 07 Desember 2021 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 52 2513284 meluncur-tahun-depan-begini-spesifikasi-suv-listrik-toyota-bz4x-BBg9B0u2VM.jpg Toyota bZ4X (Toyota)

TOYOTA meluncurkan model terbaru SUV listrik bZ4X pada pertengahan 2022. Prototipe mobil ini sudah diperkenalkan ke publik sejak April 2021.

Toyota menyebutkan bahwa bZ4X dibangun dengan platform mobil listrik yang berbasis baterai yang dikembangkan bersama dengan Subaru.

Baca juga:  Bocoran Desain Toyota GR Collora, Tertarik Beli?

Sasis Toyota bZ4x dibuat secara gravitasi rendah dan tingkat kekakuan yang lebih tinggi agar memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan sporty.

Dengan membawa teknologi Subaru All-Wheel Drive yang mengadopsi fitur X-Mod, berjalan di permukaan licin akan tetap stabil. Terdapat fitur Grip-Control yang akan membantu kinerja mobil di segala medan.

 

Melansir dari laman resmi Toyota, Selasa (7/12/2021), Toyota bZ4x mengusung sistem penggerak AWD.

Kata bZ yang merupakan singkatan dari beyond zero ini akan tersedia dalam konfigurasi penggerak roda depan. Selain Toyota, Subaru yang merupakan partner dari toyota juga tidak mau ketinggalan. Subaru akan meluncurkan SUV Solterra menggunakan teknologi serupa.

 Baca juga: Penjualan Mobil Toyota, Hyundai dan Kia Anjlok Imbas Kekurangan Chip

Keduanya mengemas baterai lithium-ion 71,4 kWh yang beroperasi pada 355 V, dengan dukungan untuk pengisian daya AC hingga 6,6 kW dan pengisian DC hingga 150 kW.

Untuk model dengan penggerak roda depan, motor listrik FWD tunggal menghasilkan 150 kW (204 PS atau setara 202 tk) ke roda depan.

Sedangkan AWD menghasilkan 109 PS atau setara 107 tk untuk masing-masing motor di depan dan belakang dengan total 218 PS atau setara 216 tk.

Toyota mengklaim, bZ4x versi FWD dapat melakukan sprint 0-100 kpj dalam 8,4 detik, sementara versi AWD yang sedikit lebih bertenaga melakukan hal yang sama dalam 7,7 detik.

Beranjak ke bagian kaki-kaki, suspensi depan menggunakan coil spring struts di depan sementara bagian belakang mendapat double wishbones dan rem berventilasi di sekelilingnya.

 Ilustrasi

Sementara itu, Toyota telah menempatkan penekanan khusus pada keselamatan tabrakan dan keamanan baterai di bZ4X. Untuk keamanan tabrakan, bZ4X mendapatkan struktur respons tabrakan omni-directional untuk melindungi penumpang, baterai, dan kendaraan lain yang terlibat dalam tabrakan.

Toyota bZ4X memiliki fungsi catu daya eksternal DC untuk menyediakan listrik keluaran tinggi untuk aktivitas di luar ruangan, serta ke rumah dan peralatannya jika terjadi bencana alam dan keadaan darurat.

Fitur ini juga dapat digunakan secara terbalik dengan rumah yang memiliki pembangkit listrik tenaga surya, di mana kelebihan listrik tenaga surya di siang hari dapat digunakan untuk mengisi ulang bZ4X.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini