Share

Mengenal Crowd Free Night yang Diberlakukan pada Malam Natal dan Tahun Baru 2022

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 08 Desember 2021 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 07 52 2513393 mengenal-crowd-free-night-yang-diberlakukan-pada-malam-natal-dan-tahun-baru-2022-j5O5y6iAQN.jpg Malam Tahun Baru di Bundaran HI, Jakarta sebelum COVID-19 (Okezone.com/Arif)

POLDA Metro Jaya akan menerapkan sistem crowd free night (CFN) di wilayah hukumnya pada malam Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, untuk membatasi mobilitas masyarakat serta mencegah kerumunan yang berpotensi menimbulkan klaster COVID-19.

Apa itu crowd free night?

Crowd free night secara harfiah adalah kebijakan pembatasan mobilitas kendaraan dan pejalan kaki. Tujuannya untuk membuat kota Jakarta sepi dari kerumunan masa di malam tahun baru nanti, Sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19.

Alasan diberlakukan crowd free night

Hal itu ditetapkan dengan tujuan untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19. Pasalnya mengingat penurunan PPKM banyak mayoritas masyarakat yang balas dendam ingin merasakan kembali berkerumun, mengunjungi tempat tongkrongan dan lainnya.

Baca juga: Intip Koleksi Mobil Mewah 5 Artis Indonesia, Raffi Ahmad hingga Verrel Bramasta

Terlebih kerap terjadi pada anggota komunitas yang terdiri dari pecinta motor maupun mobil yang aktif pada malam hari. Padahal dengan penurunan level PPKM yang masih rentan kini dapat memunculkan kerumunan baru yang berpotensi akan melonjak hingga tidak terkontrol.

Maka tak lama berselang dengan mengikuti momen natal dan tahun baru Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan crowd free night. Mengenai kebijakan itu diambil dari bahasa Inggris yakni “Bebas Berkerumun Malam Hari”.

Jam berlakunya crowd free night

Menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo Bahwa crowd free night dilakukan pada malam jelang week end dan hari libur nasional. CFN dilakukan pada pekan lalu dan akan dilanjutkan pada malam week end pekan depan.

Baca juga: Cek Fitur Mobil Listrik Ukuran Mungil yang Ditunggangi Anak Deddy Corbuzier

Selanjutnya, dari pukul 24.00 hingga 04.00 WIB, polisi akan melakukan aturan dimana pengendara dilarang melintas pada jam yang telah di tentukan. Kecuali, kendaraan darurat, tamu hotel dan warga yang bermukim di kawasan tersebut.

Untuk memperketat lagi, pihak berwajib juga masih memberlakukan aturan ganjil genap. Dimana itu juga dapat mempersempit ruang untuk dimanfaatkan oleh geng maupun komunitas untuk menciptakan kerumunan.

Lokasi CFN

Untuk saat ini, total terdapat sebanyak empat titik lokasi yang akan diberlakukan crowd free night (CFN), di antaranya yakni Jakarta, Bekasi dan Tangerang:

Untuk wilayah Jakarta, polisi mengerakan titik kawasan pada Jalan Jenderal Sudirman, kawasan Asia Afrika kerap dijadikan ajang drag race mobil, kawasan Jalan MH Thamrin, kawasan SCBD, kawasan Kemang Raya.

Ilustrasi

Sedangkan untuk wilayah Tangerang akan diberlakukan pada titik Tangerang Kota, Alam Sutera, Tangerang Selatan Bintor, Tangerang Selatan. Sementara pada wilayah Bekas akan diberlakukan pada titik di Summarecon Bekasi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini