Share

Ini Dia Nissan Z, Mobil Balap Baru di Kejuaraan Super GT

Bertold Ananda, Jurnalis · Kamis 09 Desember 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 09 52 2514494 ini-dia-nissan-z-mobil-balap-baru-di-kejuaraan-super-gt-fmYs33Enmf.jpg Nissan Z GT500 (Autoblog)

NISSAN resmi mempensiunkan GT-R di kejuaraan balap mobil Super GT Jepang akhir musim 2021, setelah 13 tahun berkompetisi di kelas Super GT GT500. Sebagai gantinya, mobil tersebut akan digantikan model terbaru yakni Nissan Z yang akan debut pada Super GT 2022.

Nissan Z yang dibangun dengan spesifikasi GT500 akan bersaing dengan Acura NSX dan Toyota Supra. Tampilannya terlihat rendah, lebar, dan kejam. Dari siluet gambarnya mengisyarat styling lampu berbentuk garis serta menciptakan hubungan visual antara mobil balap dan coupe.

Baca juga: Yuk Intip Deretan Mobil Listrik yang Mejeng di GIIAS 2021

Melansir dari Autoblog, Kamis (9/12/2021), rumah modifikasi Nismo menambahkan body kit pada Nissan Z yang tampak agresif yang mencakup canards di bumper depan, udara yang lebar diffuser, dan sayap besar di belakang.

Banyaknya add-on yang dibuat dengan serat karbon dibuat untuk menjaga bobot tetap terkendali. Untuk segi kaki-kaki Z GT500 telah ditanamkan Big Brake Kit (BBK) serta velg hitam sangar yang dibalut oleh ban Michelin Pilot Sport.

Baca juga: Begini Konsep Nissan Lunar Rover, Mobil Listrik Penjelajah Bulan

Mengenai spesifikasi mesin, Nissan belum merilis secara teknis. Akan tetapi melihat standar regulasi peraturan balapan menentukan bahwa, tim harus menggunakan mesin empat silinder 2.0 liter yang dilengkapi dengan turbocharger tunggal.

Spesifikasi tersebut mengharuskan menggunakan transmisi enam kecepatan paddle-shift. Rata-rata sebagian besar mobil yang bersaing dalam kategori ini menghasilkan sekitar 650 tenaga kuda.

Sebagai perbandingan, seri Z yang akan mendarat di showroom sebagai model tahun 2023 mendatang, tentunya dengan ditenagai oleh mesin 3.0 liter V6 twin-turbocharged hingga 400 tenaga kuda dan torsi 350 pound-feet.

Enam putaran roda belakang dikawinkan dengan transmisi manual enam kecepatan, meskipun pada unit otomatis juga nantinya akan tersedia.

Ilustrasi

Nissan Z GT500 yang dirakit oleh pabrikan akan mulai balapan selama musim 2022 Super GT.

Unit balap ini nantinya akan bersaing dengan Acura NSX-GT, yang dijual sebagai Honda di sebagian besar pasar di luar Amerika Serikat (termasuk Jepang) dan melawan salah satu pesaing langsungnya: Toyota Supra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini