Share

Matikan AC Mobil saat Tanjakan Bikin Mesin Lebih Bertenaga, Mitos atau Fakta?

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 15:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 52 2515055 matikan-ac-mobil-saat-tanjakan-bikin-mesin-lebih-bertenaga-mitos-atau-fakta-LmYFwRiXgw.jpg Ilustrasi mobil menanjak (Fastanlow)

BANYAK orang beranggapan mematikan AC saat mobil berjibaku menghadapi jalan penuh tanjakan akan membuat mesin lebih bertenaga. Ini mitos atau fakta?

Ya, mungkin Anda kerap melihat pengemudi mematikan AC mobil saat posisi menanjak yang terjal. Tentu saja untuk memberikan napas panjang pada torsi mesin, alih-alih agar lebih irit BBM.

Baca juga: 5 Penyebabnya AC Mobil Berbau Tak Sedap, Apa Saja?

Tapi, hal ini masih menimbulkan perdebatan karena ada yang mengganggap itu hanya mitos alias tak ada pengaruh ke mesin. Tapi, ada juga yang percaya mematikan AC saat mobil menanjak bikin mesin lebih bertega.

Nah, ternyata mesin mobil lebih bertenaga saat AC dimatikan ada benarnya lho. Berikut penjelasannya :

Untuk mesin berkapasitas tenaga kecil

Perlu Anda ketahui bahwa hal itu akan terasa cukup signifikan apabila Anda mengemudikan mobil dengan mesin berkapasitas cc kecil.

Menurut Hyundai Mobil, mengulas lebih lanjut bahwa memang cara tersebut ada benarnya. Sebab sistem AC bekerja melalui komponen kompressor AC yang digerakan oleh belt dan diputar oleh mesin.

Baca juga: 5 Macam Perbaikan AC Mobil di Bengkel Lengkap dengan Kisaran Biayanya

Maka dari itu sistem kerja AC mengambil sedikit tenaga dari mesin untuk menjalankan tugasnya dalam mendinginkan kabin. Oleh sebab itu kompressor mobil jika menyala dapat menjadi beban mesin.

Melihat proses kinerja AC dan mesin mobil yang bergerak secara bersamaan. Maka ketika mobil membutuhkan tenaga lebih, mematikan AC mobil dapat menjadi solusi.

Pembagian tenaga

Dikarenakan mesin yang digunakan memiliki kapasitas tenaga yang kecil, maka beban presentase AC mobil menjadi besar. Seperti contoh dalam proses kerjanya kompressor bisa merampas hingga 10% tenaga.

Maka dari itu cukup terasa tenaga yang dibagikan untuk menggerakan sistem kerja AC. Untuk mengembalikan tenaga mesin yang utuh maka opsi mematikan AC dinilai sebagai anjuran positif.

 ilustrasi

Tidak berlaku pada mesin bertenaga besar

Bagi Anda yang memiliki mobil berkapasitas tenaga cukup besar baik bensin maupun solar. Maka hal tersebut tidak berpengaruh terhadap respon tenaga mesin.

Hal itu dikarenakan pada mesin berkapasitas mampuni, tenaga yang dihasilkan cukup besar, sehingga untuk memutar kompresor AC hanya perlu angka yang kecil, seperti contoh misalnya 3% dimana angka tersebut tidaklah signifikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini