Share

6 Cara Mengusir Tikus dari Kap Mesin hingga Kolong Mobil

Rio Chandra, Jurnalis · Jum'at 10 Desember 2021 10:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 10 87 2514861 6-cara-mengusir-tikus-dari-kap-mesin-hingga-kolong-mobil-UDmZSXBbWT.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

JAKARTA - Kehadiran tikus di sekitar mobil terkadang membuat pemilik kendaraan khawatir. Pasalnya hewan yang di anggap hama ini ditakutkan mengigit kabel dan komponen penting lainnya yang terdapat di dalam mesin mobil.

Apabila hal tersebut terjadi, maka mobil akan mogok dan tidak akan menyala akibat gangguan kelistrikan.

Untuk mengatasi hal tersebut, berikut cara mengusir tikus dari kap mesin hingga kolong mobil dilansir dari Auto2000:

1. Menyebar kapur barus atau kamper di dalam ruang mesin mobil

Tikus rupanya sangat membenci aroma kapur barus atau kamper.  Kamu bisa menghancurkan kapur barus/kamper terlebih dulu, baru kemudian sebar ke seluruh bagian hingga sudut-sudut mesin mobil. 

2. Menyemprotkan cairan anti tikus ke dalam ruang mesin mobil.

Buat kamu yang tidak tahan atau punya alergi dengan aroma kapur barus/kamper, ada solusi lain yaitu menggunakan cairan spray anti tikus yang bisa dibeli di toko-toko perlengkapan otomotif. Selain itu, kamu bisa menyemprotkan cairan anti tikus ke kain lalu letakkan kainnya di sudut-sudut mesin mobil.

3. Pasang lampu LED Voltage di dalam ruang mesin

Memasang lampu LED Voltage lalu dimasukan kedalam kap mesin. Hal itu berguna untuk mengusir tikus karena hewan tersebut tidak suka kondisi tempat yang terang.

4. Selalu panaskan mobil secara rutin

Memanaskan mobil ternyata tidak hanya dapat menjaga mesin tetap optimal saja, tetapi berguna untuk mengusir tikus yang hinggap pada dalam kap mesin mobil. 

5. Hindari memarkir kendaraan dekat selokan dan semak-semak

Hal ini juga sebaiknya hindari karena selokan dan semak-semak termasuk tempat persembunyian tikus. Jika mobil diparkirkan di dekat lokasi tersebut maka tikus dengan mudah berpindah tempat di kolong dan kap mesin mobil Anda dan memporak porandakan kelistrikan mobil Anda.

6. Lakukan pembersihan mesin mobil agar tetap kinclong

Bila sudah pernah ada tikus yang masuk ke dalam kap mesin mobil, sebaiknya cepat-cepat untuk membersihkan mesin mobil, Bau dan kotoran yang tersisa di dalam kap mesin mobil justru akan mengundang tikus-tikus lain untuk datang dan bersembungi di dalam kap mesin mobil. Pastikan rutin dalam menjaga kebersihan kendaraan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini