Share

Cara Mengurus BPKB Hilang, Ikuti 6 Langkah Ini dan Berikut Biayanya

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 13:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 52 2516771 cara-mengurus-bpkb-hilang-ikuti-6-langkah-ini-dan-berikut-biayanya-K927UBUdlv.jpg Ilustrasi BPKB (Ist)

BUKU Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) merupakan dokumen penting bukti identitas kepemilikan sah kendaraan baik mobil maupun motor yang dikeluarkan oleh Polri. Jadi, pemiliknya wajib menyimpan dengan baik BPKB, jangan sampai hilang.

Nah, bagaimana kalau BPKB hilang? Apa yang harus disiapkan untuk mengurus penggantinya?

Baca juga: Cek Daftar Biaya Ubah Status Warna Mobil di STNK dan BPKB

Sayogianya mengurus BPKB hilang memang butuh waktu dan ada sederet persyaratan yang harus dilengkapi. Berikut 7 cara mengurus BPKB yang hilang sebagaimana dirangkum MNC Portal Indonesia dari beberapa sumber :

1. Mengurus dan lapor surat keterangan hilang

Perlu Anda ketahui bahwa cara pertama kali yang dapat Anda lakukan ketika mengurus BPKB yang hilang yaitu dengan membuat laporan surat kehilangan terlebih dahulu. Anda dapat temukan lembaran tersebut di polsek terdekat.

2. Surat keterangan bank

Tidak berhenti sampai situ saja, selanjutnya demi melengkapi dokumen penting Anda sesegera peru ke bank untuk mendapatkan surat keterangan hilang. Pastikan mengurus berkas-berkas ke dua bank yang berbeda. Hal itu dilakukan untuk memastikan bahwa BPKB tidak dalam status jaminan bank/ agunan kredit bermaterai.

3. Bukti penyiaran ke media

Selanjutnya Anda diwajibkan untuk membuat bukti penyiaran di media seperti Media Cetak/Koran minimal 2 kali (melampirkan kuitansi dan kliping koran).

Baca juga: Wabah Virus Corona Turunkan Permintaan Kendaraan Bermotor

Selain itu Anda juga membuat bukti penyaran lewat radio minimal 2 kali dalam satu bulan melampirkan kuitansi. Cara tersebut dilakukan agar orang yang menemukan BPKB tersebut tidak menggunakan dengan mudah, Sebab pergerakanya sudah diawasi polisi.

4. BAP (berita acara pemeriksaan) dari Reskrim

Selanjutnya Anda membuat BAP untuk mengetahui lebih lanjut pola dan mekanisme pembuatan BPKB baru. Baiknya pertanyaan dari pihak berwajib harus dijawab dengan lancar.

5. Ikuti proses ajuan baru bikin BPKB yang hilang

• Selanjutnya ketika semua kelengkapan dukomen sudah lengkap barulah mengurus ke kantor samsat terdekat. Ikuti langkah-langkah cara mengurus BPKB yang hilang dan lengkapi seperti : BAP (berita acara pemeriksaan) dari Reskrim.

• STNK Asli dan Fotokopi, serta catatan pajak yang berlaku

• Fotokopi BPKB yang hilang atau ingat nomor BPKB tersebut

 ilustrasi

6. Rincian biaya pembatan BPKB baru

Setelah semua dokumen sudah dilengkapi barulah terbit biaya secara rinci. Pastinya BPKB peruntukan roda dua dan roda empat tentu akan berbeda. Maka dari itu berikut riciannya

Roda dua = akan dikenakan tarif sebesar Rp160 ribu. Dana tersebut masing-masing digunakan untuk Biaya baru per penerbitan sebesar Rp 80rb dan biaya ganti kepemilikan per penerbitan dengan total Rp 80 rb.

Roda empat: =Dikenakan tarif sebesar Rp 200 ribu , Biaya tersebut mencakup rincian biaya baru per penerbitan Rp100.000 dan Biaya kepemilikan per penerbitan Rp100 ribu

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini