Share

Amerika Segera Bangun 500 Stasiun Pengisi Daya Mobil Listrik

Agregasi VOA, Jurnalis · Selasa 14 Desember 2021 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 14 52 2516817 amerika-segera-bangun-500-stasiun-pengisi-daya-mobil-listrik-oV3pUv0xXw.jpg ilustrasi (stutterstock)

WAKIL Presiden Amerika Serikat Kamala Harris mengumumkan rencana pemerintah untuk membangun 500 ribu stasiun pengisian daya untuk kendaraan listrik (EV) di seluruh negaranya.

Hal ini merupakan bagian dari tujuan Presiden Joe Biden untuk membuat kendaraan listrik lebih mudah diakses baik untuk perjalanan lokal maupun jarak jauh.

Harris membuat pengumuman ini dalam sebuah upacara di fasilitas pengisian daya EV di Maryland, yang terletak di luar ibu kota Washington DC.

Baca juga: Harga BBM Terus Naik, Warga Amerika Mulai Beralih ke Mobil Listrik

“Tidak diragukan lagi: masa depan transportasi di negara kita dan di seluruh dunia adalah listrik,” kata Harris, Senin 13 Desember 2021.

Menurutnya, kemampuan AS dalam membuat, mengisi dan memperbaiki mobil listrik akan membantu menentukan kondisi kesehatan warga Amerika, kekuatan ekonomi negara, serta keberlanjutan dari planet yang kita tinggali.

Rencana pembangunan stasiun pengisian daya kendaraan listrik mengambil anggaran sebesar $5 miliar dari Undang-undang Infrastruktur yang disahkan pada bulan lalu. Dana itu akan disalurkan ke negara-negara bagian untuk membangun stasiun pengisian daya listrik.

Baca juga: Mobil Terbang Listrik Ini Bisa Meluncur 102 Km Per Jam, Segini Harganya

UU tersebut juga menyediakan dana tambahan senilai $2,5 milyar dalam bentuk hibah guna mendukung stasiun pengisian daya listrik di daerah pedesaan dan wilayah komunitas yang masih tertinggal.

Dalam pernyataannya, Gedung Putih juga mengumumkan akan membentuk sebuah Kantor Gabungan Energi dan Transportasi, dengan memanfaatkan sumber daya dari masing-masing departemen untuk melaksanakan jaringan pengisian daya listrik EV dan pengaturan elektrifikasi lainnya di dalam UU Infrastruktur Bipartisan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini