Share

Harley Davidson Garap Motor Listrik Perdananya, Intip Spesifikasinya

Tim Okezone, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 12:51 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 53 2517325 harley-davidson-garap-motor-listrik-perdananya-intip-spesifikasinya-xEf6eGpA4s.jpg Sepeda motor listrik Livewire Harley-Davidson (dok Reuters)

JAKARTA - Divisi motor listrik  Harley-Davidson, LiveWire memperkenalkan unit sepeda motor listrik pertamanya yang akan dipasarkan.

Melansir laman Autoblog pada Rabu (15/12/2021), sepeda motor ini merupakan hasil kerja sama dengan perusahaan akuisisi Harley-Davidson, yakni AEA-Bridges Impact Corp. Perusahaan gabungan ini memiliki nilai sekitar USD 1,77 miliar. Selain itu, LiveWire akan mendapatkan laba bersih mencapai sekitar USD 545 juta.

"Pengumuman hari ini adalah tonggak bersejarah dengan LiveWire akan menjadi perusahaan sepeda motor EV pertama yang diperdagangkan secara publik di AS. Transaksi ini akan memberi LiveWire kebebasan untuk mendanai pengembangan produk baru dan mempercepat model go-to-market-nya," ujar CEO Harley-Davidson, Jochen Zeit.

Baca Juga:

Tips Memilih Car Seat yang Aman untuk Anak, Perhatikan Kenyamanan Si Kecil

Perusahaan gabungan ini mendapatkan dana investasi sebesar USD 190 juta hingga USD 250 juta per tahun. Nantinya dana ini akan digunakan untuk pengembangan teknologi elektrifikasi Harley-Davidson.

Adapun, struktur kepemilikan saham, Harley-Davidson memegang sekitar 74 persen saham LiveWire, AEA-Bridges 17 persen, dan 4 persen lagi untuk pendiri dan mitra lainnya.

Sepeda motor listrik LiveWire merupakan divisi terpisah dari Harley-Davidson yang difokuskan pada pasar perkotaan di Amerika Utara dan Eropa, dengan rencana untuk memperluas ke Asia.

Berikut spesifikasi Harley-Davidson Livewire:

Jarak jangkauan: 88 mil digabungkan

akselerasi 0-60mph: 3,0 detik

Pengisian baterai 0-80 persen: 40 menit

Suspensi depan dan belakang: Showa

Kaliper depan: Brembo

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini