Share

Tips Memilih Car Seat yang Aman untuk Anak, Perhatikan Kenyamanan Si Kecil

Rio Chandra, Jurnalis · Rabu 15 Desember 2021 11:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 15 87 2517266 tips-memilih-car-seat-yang-aman-untuk-anak-perhatikan-kenyamanan-si-kecil-NSlOMDpZ3H.jpg Ilustrasi Car Seat (Freepik)

JAKARTA - Car seat atau kursi mobil khusus bayi merupakan satu hal penting yang perlu dipertimbangkan ketika membawa bayi saat perjalanan.

Car seat sama pentingnya seperti sabuk pengaman, hal ini karena dapat membantu meminimalisir cidera bayi saat kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Dilansir dari laman parents, berikut tips memilih car seat:

1. Beli car seat yang sesuai dengan umur bayi Anda

Terdapat banyak jenis car seat yang peruntukannya juga berbeda-beda. Apabila usia bayi Anda 0-2 tahun, maka car seat yang direkomendasikan adalah yang menghadap belakang. Sebaliknya, apabila sudah lebih dari 2 tahun, maka car seat yang direkomendasikan adalah yang menghadap ke depan.

2. Pilih car seat yang teruji

Selain harus menyesuaikan usia bayi dengan car seat, Anda juga harus mencari informasi tentang produk car seat yang ingin Anda beli. Anda dapat melihat me-review dan testimoni dari para pengguna sebelumnya untuk melihat baik buruknya car seat yang ingin Anda beli tersebut.

3. Pilih car seat yang memiliki 5 titik pengaman

Titik ini penting untuk mengamankan kedua tangan bayi, kedua sisi pinggang bayi, dan 1 tali pengaman di antara kaki untuk menggabungkan semua tali pengaman tersebut. Dengan adanya 5 titik pengaman, maka selain keamanan bayi terjamin, kenyamanan bayi  juga terjamin.

4. Perhatikan tali yang bisa diatur

Tali yang terdapat pada car seat juga perlu kamu periksa fleksibilitasnya. Apabila tali pada car seat dapat diatur, maka kamu dapat menghemat pengeluaran karena tidak harus membeli car seat baru apabila bayi tumbuh besar.

5. Tanyakan cara pemasangan car seat

Mengingat jenis car seat tidak hanya satu, maka cara pemasangannya pun bermacam-macam. Untuk itu, kamu perlu bertanya langsung kepada penjual car seat tentang bagaimana car seat yang akan Anda beli dipasang dengan benar. Hal ini penting agar car seat yang akan Anda beli dapat berfungsi secara maksimal.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini