Share

5 Tanda Filter Udara Mobil Harus Diganti, Jangan Dianggap Sepele

Rio Chandra, Jurnalis · Kamis 16 Desember 2021 13:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 52 2517967 5-tanda-filter-udara-mobil-harus-diganti-jangan-dianggap-sepele-RwFHQh20Fv.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

Filter udara merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki peran penting untuk menyaring kotoran yang mengalir masuk kedalam ruang bakar.

Udara yang bersih bisa menghasilkan pembakaran sempurna pada mesin mobil yang akan sangat mempengaruhi daya dan tenaga yang dihasilkan.

Dilansir dari Suzuki, Rabu (15/12/2021). Berikut tanda-tanda sudah saatnya ganti filter udara kendaraan:

1. Jarak Tempuh Mobil

Seberapa jauh jarak yang sudah ditempuh oleh kendaraan tentu adalah indikator penggunaan filter udara. Makin jauh jarak yang telah ditempuh, filter udara akan bekerja makin keras menampung semua partikel kotoran yang disaringnya.

Mengganti filter udara biasanya disarankan diganti setelah jarak tempuh 20.000 – 25.000 Mil (32.186 – 40.233 km). Namun agar lebih aman, sebaiknya filter udara diganti setelah jarak tempuh 10.000 – 15.000 mil (16.090 – 24.140 km).

Sebaiknya mengganti filter udara sekali setahun, karena pada mobil yang digunakan sehari-hari secara normal, biasanya jarak tempuhnya berkisar 10.000 hingga 20.000 km per tahun.

2. Berkurangnya Akselerasi dan Tenaga

Jika terasa tenaga mobil menjadi loyo saat ingin berakselerasi, itu bisa menjadi salah satu pertanda filter yang sudah sangat kotor. Sebaiknya segera periksa filter udara, memeriksakan ke teknisi terpercaya tentu lebih baik untuk permasalahan yang lebih.

Jika tidak ada masalah pada komponen lain dan filter terlihat sudah sangat kotor, sebaiknya ganti filter tersebut dengan yang baru.

3. Keluar Asap dari Knalpot

Filter udara yang sudah jenuh dan sangat kotor, akan membuat banyak partikel masuk ke ruang bakar dan menyebabkan pembakaran tidak sempurna yang ditandai keluarnya asap dari kenalpot, bahkan bisa berupa asap hitam yang tebal.

Jika menemukan asap yang banyak berasal dari knalpot, mungkin itu tanda bahwa filter udara mobil sobat sudah minta diganti dengan yang baru.

4. Konsumsi Bahan Bakar Boros

Filter udara yang kotor mengakibatkan asupan udara menjadi kurang ke ruang bakar, sehingga pembakaran tidak sempurna sebagaimana mestinya. Akibatnya konsumsi bahan bakar akan lebih boros.

Jika konsumsi bahan bakar mobil menjadi lebih banyak dari biasanya, mungkin itu juga tanda untuk segera ganti filter udara.

5. Kondisi Fisik Filter

Periksalah kondisi filter secara rutin, filter udara yang lembab atau terlihat sudah sangat menghitam, walau semua ciri-ciri sebelumnya belum ditemukan, sebaiknya ganti filter tersebut. Ada kemungkinan hal tersebut dapat mengakibatkan masalah serius pada mesin.

Beberapa mobil mengalami masalah filter yang mudah lembab sehingga harus diganti dalam waktu singkat. Hal tersebut bisa terjadi karena kualitas filter yang buruk atau ada kesalahan pada perancangan sistem air-intake pada mobil tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini