Share

Awas! Pakai Oli Mesin Palsu Bisa Merusak Sederet Komponen Ini

Rio Chandra, MNC Portal · Kamis 16 Desember 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 16 52 2517992 awas-pakai-oli-mesin-palsu-bisa-merusak-sederet-komponen-ini-ForpB8uHGy.jpg ilustrasi (Okezone)

MENGGANTI oli mesin secara rutin salah satu cara efektif menjaga performa kendaraan agar tetap prima dan awet. Soalnya oli sangat penting untuk pelumas bagian dalam mesin. Tapi, pastikan jika olinya original.

Jangan tergiur dengan harga yang murah, bisa jadi oli tersebut adalah palsu atau KW. Oli KW yang di jual di bengkel biasanya murah, tapi ini justru merusak kendaraan.

Baca juga:  Ingat! Ini 5 Dampak Buruk jika Mobil Matik Kekurangan Oli Transmisi

Dalam jangka panjang, oli palsu akan membuat kerusakan mesin yang cukup parah, dikarenakan kandungan yang ada tak sesuai dengan kebutuhan mesin.

Dampaknya akan menimbulkan gesekan yang terjadi pada komponen yang ada di mesin kendaraan tidak bisa diredam dengan baik.

 

Walaupun di awal pemakaian tak muncul masalah, efek penggunaan oli palsu akan mulai terasa perbedaannya dalam jangka panjang. Sejumlah komponen mesin yang bergesekan lama-lama akan cepat rusak.

Baca juga:  4 Alasan Oli Mesin Tetap Harus Diganti Meski Mobil Jarang Dipakai

Beberapa komponen yang akan mengalami kerusakan dari pemakaian oli palsu dalam jangka panjang adalah piston serta dinding silinder. Karena komponen inilah yang bekerja keras dan menghasilkan gesekan dan panas yang tinggi.

Bila memutuskan menggunakan oli palsu, barang ini takkan melumasi komponen dengan sempurna. Selain itu, pada bagian kepala silinder tempat klep, noken as, dan komponen lainnya juga menghasilkan gesekan yang tinggi.

Pada jangka waktu lama dengan digunakannya oli palsu akan menyebabkan noken as tergerus kemudian hancur. Bahkan oli palsu yang digunakan terus-menerus juga bisa menyebabkan endapan oli di bagian mesin.

Endapan inilah yang bisa menjadi salah satu masalah rusaknya mesin, bila mesin sudah rusak, pemilik kendaraan harus siap-siap mengeluarkan dana yang sangat banyak. Ujung-ujungnya kendaraan Anda harus mengalami turun mesin dan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

 ilustrasi

Maka dari itu, pilih yang mana membeli oli Kawe dengan harga murah atau menggunakan oli asli yang terjamin kualitasnya? Satu lagi jangan lupa, sebaiknya bila melakukan perawatan kendaraan paling aman di bengkel resmi yang terdekat dari rumah Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini