Share

Catat! Ini Syarat Mendapatkan Pemutihan Denda Pajak Kendaraan di Jakarta

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 17 Desember 2021 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 17 52 2518564 catat-ini-syarat-mendapatkan-pemutihan-denda-pajak-kendaraan-di-jakarta-fRYBtQLOJD.jpg Pajak kendaraan (Foto Okezone.com)

PEMPROV DKI Jakarta punya program penghapusan atau pemutihan denda pajak kendaraan bermotor. Program yang kerap diluncurkan jelang akhir tahun ini tentu saja jadi kabar baik bagi pemilik kendaraan yang sudah terkena denda karena telat bayar pajak.

Jadi, pemilik kendaraan yang selama ini kesulitan bayar pajak karena biayanya yang tinggi karena ada akumulasi denda, sudah bisa melunasi kewajibannya ke Samsat terdekat dengan melengkapi beberapa persyaratan.

Baca juga: Begini Cara Menghitung Besaran Pajak Motor dan Denda jika Telat Bayar

Berikut syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendapat pemutihan denda pajak kendaraan di Jakarta sebagaimana dilansir dari Auto2000, Jumat (17/12/2021) :

1. Persiapakan dokumen lengkap

Tentunya apabila Anda ingin melakukan proses pemutihan denda pajak kendaraan, pertama kali yang harus dilakukan yakni melengkapi dokumen. Berikut dokumen yang perlu dipersiapkan :

• Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli dan fotokopi

• Kartu Tanda Penduduk (KTP) atas nama pemilik kendaraan, bawa yang asli dan fotokopi

 

• BPKB asli dan fotokopi

• Map merah untuk melampirkan dokumen

 Baca juga: Mudah Banget, Begini Cara Cek Besaran Pajak Mobil dan Motor via Online

• Uang pembayaran pajak pokok

2. Datang ke Samsat terdekat

Jika sudah menyiapkan beberapa persyaratan, lalu selanjutnya Anda dapat pergi ke Samsat terdekat sesuai domisili. Hal itu berguna untuk dapat mengetahui langsung proses pemutihan pajak kendaraan. Pastikan datang ke Samsat dengan membawa dokumen persyaratan yang lengkap.

3. Waktu pemutihan di Jakarta

Banyak masyarakat yang menunggu momen emas ini untuk membayar kewajiban pajaknya yang telat tanpa perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar denda.

Namun kadang kurangnya informasi membuat tidak sedikit masyarakat yang mengetahu jadwal pemutihan denda pajak kendaraan. Untuk di Jakarta sendiri, pemutihan diadakan pada suatu acara tertentu. Umunya acara tersebut meliputi HUT DKI, HUT TNI dan HUT RI.

Ilustrasi

Lalu pemutihan juga dapat di berlakukan dalam kondisi seperti sekarang ini yakni pandemi COVID-19. Total terdapat 3 program pemutihan yakni ispensasi denda Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), dispensasi denda Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB), dan dispensasi tarif pajak progresif.

Hal tersebut sudah tercantum dalam Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Pergub Nomor 36 Tahun 2020 tentang Penghapusan Sanksi Administrasi Pajak Daerah Selama Status Darurat Bencana Covid-19 mengadakan pemutihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini