Share

Yuk Intip Isi Campervan Annissa Susanto, Ada Ruang Tersembunyi Lho

Nindi Widya Wati, Jurnalis · Sabtu 18 Desember 2021 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 18 86 2518864 yuk-intip-isi-campervan-annissa-susanto-ada-ruang-tersembunyi-lho-n7PmNI1eRN.jpg Campervan Annissa Susanto (Youtube Arief Muhammad)

ANNISSA Susanto, anggota Campervan Indonesia sudah tiga tahun hidup di mobil Campervan dan menikmati hobi berpetualang. Perempuan asal Bali itu menyulap Hyundai H-1 tahun 2012 menjadi rumah berjalan. Apa saja isinya?

Dalam tayangan video di kanal YouTube Arief Muhammad, Annisa menunjukkan isi Campervan yang ternyata sangat lengkap layaknya rumah. Misalnya ada rak buku hingga kamar mandi berjalan. Dengan begitu, ia nyaman keliling berbagai daerah.

Baca juga: Arief Muhammad Kulik Cara Annissa Susanto Hidup 3 Tahun di Campervan

Annisa mengaku memodifikasi mobil Hyundai H-1 jadi Campervan dengan biaya kurang dari Rp5 juta.

Dimulai dari bagian kursi depan pengemudi, Annissa menjadikan head unit sebagai rak buku. "Iya ini ada head unit gue jadiin rak buku," ucap Annissa menunjukkan kursi depan yang bisa memuat 3 penumpang dalam video yang dikutip Okezone.

Lalu, memperlihatkan bagian tengah mobil, berisi alat dan perlengkapan lebih komplit.

 

"Kalau ini ada galon, sama toilet portabel gue gitu. Jadi ini memang banyak yang mempertanyakan ya, intinya disini ada alat untuk membilas kalau gue buang air kecil sama BAB," jelasnya sembari mengeluarkan segala perintilan.

Annisa selalu bawa sekop, kloset darurat menggunakan kantung, dan kompos jika hendak membuang kotoran.

 Baca juga: Bukan Tak Punya Rumah, Ternyata Ini Alasan Annissa Susanto Tinggal di Campervan 3 Tahun

Selain terdapat toilet portabel, dalam Campervan tersebut juga menyediakan tempat mandi dan cuci baju. Annissa memanfaatkan wastafel untuk keramas hingga bebilas.

"Jadi mandi gue emang kreatif," guyon Annissa.

Dia juga menggunakan space bawah wastafel untuk meletakkan dua dirigen sebagai penampung air bersih dan air kotor.

Tak lupa, perempuan yang satu ini menggantungkan berbagai aksesoris, dan power bank portabel sebagai sumber energi di belakang kursi. Serta menghemat tempat dengan menyimpan berbagai pakaian di dalam bantal.

"Bantal-bantal yang gede itu isinya baju, pakaian dalam, sama celana. Terus warna bantal sesuai klasifikasinya, misal bantal kuning isinya itu pakaian dalam. Jadi, bantal ini isinya bukan busa-busa gitu," jelas Annissa.

Dalam mobil Annissa juga terdapat gantungan untuk mengeringkan pakaian berukuran kecil. Bahkan ada dapur yang menyediakan juicer, pisau, talenan, panci, mini oven, hingga bumbu-bumbu.

 Ilustrasi

"Kalau itu ada lemari isinya peralatan dapur, piring, gelas, sama mangkuk gitu" ucap Annissa menunjukkan rahasia dapur berjalannya.

Selanjutnya, campervan tersebut juga menyisihkan bagasi yang berada di bawah kasur untuk menyimpan printer, dan barang-barang yang jarang dipakai oleh Annissa.

Nah, kalau bagian paling belakang mobil berisi mini perpustakaan, lengkap dengan buku-buku langka koleksi Annissa dari tahun 1980-an. Tak lupa, segala perkakas tukang mulai dari lem hingga bor tersedia dalam mobil tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini