Share

Uniknya Honda S90, Motor Langka Incaran Para Kolektor

Rio Chandra, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 00:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 53 2519849 uniknya-honda-s90-motor-langka-incaran-para-kolektor-t057UbSRSw.jpg Honda S90 (flickr.com)

MOTOR klasik merupakan kendaraan yang menarik, tidak heran jika motor tersebut banyak dijual di Indonesia, seperti motor Honda S90 yang sudah melekat di benak masyarakat. Karena motor ini mempunyai bentuk yang sangat menarik.

Motor yang di produksi tahun 1964 hingga 1969 ini mempunyai bentuk yang unik dengan mempunyai bentuk tangki yang lonjong mirip biji nangka yang merupakan ciri khas dari honda S90.

 Baca juga: Modifikasi Honda S90 Klasik Menuju Masa Depan Berkat Tenaga Listrik

Federal Motor atau yang kini menjadi Astra Honda Motor (AHM) membawa masuk ke indonesia tahun 1969. Desainnya cukup unik lantaran konfigurasi mesinnya tiduran seperti motor bebek.

Dapur pacunya menggunakan mesin OHC berpendingin udara 1 silinder dengan kubikasi 90 cc dan transmisi manual empat percepatan. Mesin ini diklaim dapat melepas 8 hp dan torsi maksimal 6,2 Nm.

S90 punya aura klasik serba bulat dengan paduan sepatbor bermaterial besi bewarna krom. Untuk menyalakan mesin, motor tersebut dilengkapi lubang kunci yang letaknya berada di bawah tangki, sedangkan tangkinya dilapisi karet dan pelat krom.

 

Pada eranya, S90 adalah rival Suzuki A100 dan Yamaha L2G maupun L2 Super. Namun dua yang terakhir itu menggunakan mesin dua tak, sedangkan empat tak.

S90 hadir sebelum era Honda CB meramaikan pasar Indonesia. Perlu diketahui juga 'S' pada motor ini kabarnya merupakan singkatan dari Super, tapi di luar negeri dikatakan Sport.

S90Z

Seiring perkembangan, Honda kemudian menghadirkan penerus S90 yaitu S90Z. S90Z disebut sebagai motor pertama yang dirakit Honda di Indonesia.

 Baca juga: 5 Motor Klasik yang Paling Diincar Para Kolektor

Produksi pertama kali dimulai pada 1971 hingga 1975. Pada tahun pertamanya motor tersebut diproduksi sebanyak 1.500 unit.

Antara S90 dan S90Z sebetulnya tidak memiliki perbedaan signifikan. Perbedaan lebih kepada detail-detail kecil, namun memberikan kesan berbeda pada motor tersebut.

Perbedaan pertama ada pada bentuk lampu. Lampu pada S90 dibuat menyatu dengan spidometer, sedangkan S90Z dirancang terpisah.

Lalu bentuk tangki S90Z yang terlihat lebih agresif, tidak lagi dilapis karet dan pelat, melainkan memakai pelat krom secara keseluruhan.

Sedangkan rangka motor model S90Z ini menggunakan konsep yang sama yaitu underbone.

Selama dipasarkan di Tanah Air, motor ini hadir dengan beragam pilihan warna. Tapi yang mudah ditemukan sampai sekarang merah dan biru. Pilihan warna ini menandakan merah dan biru paling banyak diproduksi saat itu.

 Ilustrasi

Untuk varian warna masih pada S90 dan S90Z yakni hitam dan putih. Tapi pilihan warna tersebut tergolong langka dan jarang ditemukan saat ini.

Harga bekas

Puluhan tahun berlalu, S90 dan S90Z saat ini masih menjadi incaran para kolektor atau pecinta otomotif yang ingin menyegarkan memori pada masa lalu. Namun sayang harga motor ini tidak lagi murah.

Harga pasaran S90 dan S90Z jika sudah dalam kondisi rapi, dalam artian mulus, pajak hidup, dan siap pakai, bisa di atas Rp15 juta bahkan tembus Rp20 juta.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini