Share

Tips Memeriksa Ban Agar Tetap Nyaman Berkendara

Rio Chandra, Jurnalis · Selasa 21 Desember 2021 06:17 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 87 2519881 tips-memeriksa-ban-agar-tetap-nyaman-berkendara-NmOiCvxTi6.jpg Ilustrasi (Okezone)

KETIKA ingin berkendara selalu perhatikan ban mobil. ban salah satu komponen penting yang harus diperhatikan setiap pengendara.

Terkadang setiap pengendara memilih ban dengan kualitas yang bagus. Namun harus dicek secara rutin untuk memeriksa kondisi ban kendaraan agar tetap aman saat berkendara.

Baca juga:  Cara Mengganti Ban dalam Kondisi Darurat

Dilansir dari auto2000, berikut ini tips memeriksa ban agar berkendara tetap nyaman:

1. Rutin memeriksa

Bagi setiap pengendara disarankan memeriksa tekanan ban setiap beberapa minggu sekali.

Hal tersebut dikarenakan ban dapat dengan cepat kempes jika tidak diperiksa secara teratur dan dapat mengakibatkan kehausan ban yang berlebihan dan tidak merata.

 

Ban yang kurang angin juga meningkatkan rolling resistance, yang pada gilirannya menggunakan lebih banyak bahan bakar dan meningkatkan emisi Co2.

2. Memerhatikan ban tetap normal

 

Di sisi lain, pengendara juga tidak disarankan mengisi angin atau nitrogen ban secara berlebihan karena ini akan menyebabkan ban lebih cepat aus serta membahayakan saat berkendara karena tekanan angin yang berlebihan.

 Baca juga: Ini Dia Ban Tanpa Udara dari Karet dan Jari-Jari Motor, Siap Dipasarkan

3. Memeriksa tekanan ban

Hal pertama yang dibutuhkan adalah pengukur tekanan ban, untuk mengukur berapa besar tekanan pada ban mobil. Bila tidak mempunyai alat tersebut.

Pengendara bisa pergi ke SPBU terdekat untuk menanyakan ukuran tekanan ban, kepada petugas pengisian nitrogen, agar mengecek tekanan ban agar tidak berlebihan.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini