Share

Penyebab AC Mobil Tidak Berfungsi dengan Baik, Jangan Dianggap Sepele

Rio Chandra, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 08:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 52 2521499 penyebab-ac-mobil-tidak-berfungsi-dengan-baik-jangan-dianggap-sepele-MJK7Y0Pv3V.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

JAKARTA -  Ketika berkendara dijalan, pengguna mobil seringkali menghadapi masalah dengan pendingin mobil atau AC. Padahal, AC mobil sangat penting untuk menjaga sirkulasi udara menjadi lancar dan berkendara pun menjadi nyaman.

Kesalahan terhadap AC mobil umumnya dapat dideteksi dengan mudah, misalnya dengan didengar dari bunyi saat AC mobil dinyalakan, ruangan tidak dingin, dan tidak adanya hembusan dari lubang AC.

Akan tetapi tampaknya AC adalah bagian terpenting di mobil perlu terus dijaga dan komponennya harus di bersihkan secara rutin.

Dilansir dari autoaidrescue, berikut ini penyebab AC kendaraan tidak berfungsi secara normal:

1. Kebocoran Freon

Freon merupakan benda yang mendinginkan udara hangat sebelum dihembuskan kembali ke mobil. Karena sistem pendingin udara saat ini bisa sangat rumit dan membutuhkan freon dalam jumlah tertentu untuk beroperasi, kebocoran pada sistem bisa menjadi masalah besar.

Kebocoran bisa dari selang yang rusak, paking yang longgar atau hanya sambungan yang longgar. Untuk memperbaikinya, perlu menemukan bagian yang bocor lalu memperbaiki atau menggantinya.

2. Magnetic Clutch Putus

Magnetic Clutch disebut juga fan belt yang menghubungkan putaran mesin dengan kompresor AC. Jika komponen ini tidak bekerja dengan baik, maka freon AC pun tidak dapat bekerja dengan maksimal.

Mencegah kejadian ini bisa dengan mengecek fan belt secara berkala dan menggunakan fan belt berkualitas baik, yang tahan panas dan kuat.

3. Kerusakan pada pintu udara

Ketika memanaskan mobil akan ada udara hangat yang mengalir dari mesin. Hal tersebut jika dibarengi dengan menyalakan AC bisa menyebabkan udara tercampur dan kerusakan pada pintu udara.

Bisa juga menyebabkan pintu udara menjadi macet dan pengendara akan merasakan kehangatan walaupun sudah menyalakan AC kendaraan.

Memperbaiki pintu udara campuran seringkali tidak memerlukan suku cadang baru, tetapi sulit dijangkau karena letaknya jauh di belakang dasbor.

4. Evaporator Kotor atau tersumbat

Malas membersihkan bagian dalam mobil termasuk lubang AC dan evaporator membuat hembusan AC yang dihasilkan tidak maksimal. Cara mengatasi masalah ini adalah dengan pembersihan rutin dan menyeluruh.

Selain itu, berkurangnya performa AC mobil juga disebabkan karena usia mobil yang sudah tua atau usang (berusia di atas lima tahun), dan kurangnya minyak pelumas mobil yang bisa menyebabkan komponen-komponen mobil tidak berkerja maksimal

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini