Share

Termasuk Ambulans, Ini 7 Kendaraan Prioritas yang Wajib Didahulukan di Jalan!

Rio Chandra, Jurnalis · Jum'at 24 Desember 2021 07:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 52 2521611 temasuk-ambulans-ini-7-kendaraan-prioritas-yang-wajib-didahulukan-di-jalan-r2dQTuPo2n.jpeg Ilustrasi ambulans (Okezone)

AKSI polisi menilang pemotor yang mengawal ambulans beberapa hari viral di media sosial dan disayangkan warganet. Pasalnya, selama ini ambulans kerap mendapat halangan pengendara arogan di jalan, sehingga muncul aksi solidaritas masyarakat mengawalnya.

Tentu saja sipil mengawal ambulans di jalan melanggar aturan, karena itu sebenarnya tugas polisi. Tapi, kenyataannya selama ini polisi sering abai dalam memberi pelayanan bagi ambulans di jalan.

Wajar saja jika netizen membandingkan dengan konvoi motor gede Harley Devidson ditunggangi orang-orang berduit yang sering dapat kawalan khusus meski kerap ugal-ugalan dengan menyerobot jalur pengendara lain. Sikap "pilih kasih" ini sering jadi sorotan publik.

Baca juga:  Polri Larang Sipil Kawal Ambulans, Ini Aturan Hukumnya

Publik masih ingat saat seorang prajurit TNI dengan arogannya menghalangi laju ambulans yang membawa bayi kritis di Jalan Raya Otista, Jatinegara, Jakarta Timur, pada Kamis 12 Agustus 2021. Bayi itu pun akhirnya meninggal dunia diduga akibat terlambat penanganan.

Sebulan sebelumya, ambulans yang hendak menjemput pasien juga dihalangi sebuah mobil di Gaplek, Pamulang, Tangerang Selatan. Akibatnya, ambulans telat tiba di lokasi dan pasien pun meninggal dunia.

Pada Oktober lalu, sebuah ambulans yang membawa pasien juga dihalangi sebuah mobil berpelat merah AD 9502 PL di jalan depan Kantor DPRD Klaten, Jawa Tengah.

Ambulans termasuk dalam tujuh kendaraan prioritas di jalan raya sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ). Artinya wajib didahulukan didahulukan dibanding pengguna jalan lainnya.

 Baca juga: Viral Pengawal Ambulans Ditilang Polisi, Cek Aturannya di Sini

Menurut Pasal 134 Undang-Undang LLAJ, ada tujuh kendaraan yang mendapat hak utama untuk didahulukan atau prioritas di jalan raya sebagai berikut :

1. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas.

2. Ambulans yang mengangkut orang sakit, kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.

3. Kendaraan pimpinan dan lembaga negara Republik Indonesia, salah satunya Presiden RI.

4. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing.

5. Kendaraan lembaga internasional yang menjadi tamu negara.

6.Iring-iringan pengantar jenazah.

7. Konvoi atau kendaraan untuk kepentingan tertentu menurut pertimbangan petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia.

 Ilustrasi

Pada ayat pertama pasal tersebut di atas juga dijelaskan bahwa kendaraan yang mendapat hak utama sebagaimana dimaksud dalam Pasal 134 UU LLAJ, harus dikawal oleh petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia dan/atau menggunakan isyarat lampu merah atau biru dan bunyi sirene.

Sedangkan pada ayat kedua dijelaskan bahwa petugas Kepolisian Negara Republik Indonesia melakukan pengamanan jika mengetahui adanya pengguna jalan sebagaimana dimaksud pada ayat pertama.

Kemudian menurut ayat ketiga, alat pemberi isyarat lalu lintas dan rambu lalu lintas tersebut tidak berlaku bagi kendaraan yang mendapatkan hak utama sebagaimana dimaksud dalam pasal 134 UU LLAJ.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini