Share

6 Cara Antisipasi Pencurian Sepeda Motor, Jangan Biarkan Maling Beraksi!

Bertold Ananda, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 14:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 53 2523754 6-cara-antisipasi-pencurian-sepeda-motor-jangan-biarkan-maling-beraksi-HJD1dWY31d.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

PENCURIAN sepeda motor (curanmor) masih marak terjadi di berbagai daerah. Bukan hanya di tempat sepi, lokasi yang ramai juga bisa jadi sasaran. Maling mengincar motor-motor yang tingkat pengamanannya rendah untuk digondol.

Sebenarnya curanmor bisa dicegah dengan meningkatkan kewaspadaan dan mengikuti 7 langkah berikut :

1. Cari parkiran padat dan masukan motor posisi dalam

Pertama-tama cara paling sederhana menjaga motor tetap aman dan tidak digondol maling yakni dengan mempersempit ruang geraknya. Langkah satu-satunya dengan cara mencari parkiran padat dan kemudian parkirkan motor Anda pada posisi dalam.

Baca juga: 6 Cara Merawat Motor Sendiri Selama Liburan Akhir Tahun

Pastinya perlu tenaga extra untuk mengeluarkan motor dari parkiran yang padat.

2. Gunakan standar samping dan tengah bersamaan

Bila Anda melihat motor pengendara lain menerapkan hal serupa itu past ada alasanya. Hal tersebut sengaja dilakukan supaya membuat maling agak kerepotan ketika menggunakan aksi dengan cepat.

Ini akan menambah waktu buat sang maling dengan mengoperasikan standar tengah dan standar samping.

3. Pasang kontak pemutus arus rahasia

Seperti halnya moge naked dan fairing yang terdapat saklar pemutus arus umumnya terletak di sebelah kanan. Bagi Anda pemilik motor bebek dan matic perlu mempertimbangkan cara satu ini.

Baca juga: Cara Balik Nama Sepeda Motor, Ketahui Syarat Lengkap Disertai Biaya

Namun dengan catatan pasang pemutus arus kontak dibagian rahasia yang sulit dijangkau. Hal ini ampuh untuk membuat maling kocar-kacir dan gagal melakukan aksinya karena motor tidak bisa menyala.

4. Tambahkan alarm untuk melindungi ekstra

Untuk menjaga keamanan extra dari aksi curanmor maka Anda bisa menambahkan aksesories pendukung seperti alarm pada motor. Peranti satu ini berguna untuk mengamankan motor dari maling dengan mengandalkan bunyi sirene yang keras ketika disentuh. Cara itu cukup ambil membuat maling panik dan berpikir dua kali untuk melakukan aksinya.

5. Ganti kunci konvensional menjadi keylees

Saat ini sudah ada teknologi keamanan terbaru yang dikembangkan oleh pabrikan dan rumah modifikasi dengan memperkenalkan perangkat keyless. Inovasi ini dapat membuat motor lebih aman dan menyulitkan si maling untuk mencurinya.

Perangkat keyless akan mendeteksi kunci remote dalam radius kurang lebih 1 meter. Jika kuncii terdeteksi itu artinya pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin. Ketika kunci remote berada di luar jangkauan, maka sistem secara otomatis memutus arus listrik dan mesin sehingga motor langsung mati dan akan terkunci otomatis.

Ilustrasi

6. Terapkan pola kunci stang ke posisi kanan di mana pun

Selanjutnya cara terakhir yang dapat Anda lakukan yakni dengan menerapkan pola kunci stang keposisi kanan. Sebab posisi stang kekanan akan meyulitkan maling untuk melakukan aksinya karena ruang gerak terbatas.

Memposisikan stang motor sebelah kiri malah akan memberikan ruang gerak leluasa maling untuk mencuri kendaraan bermotor Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini