Share

Gunakan Google Maps, 5 Kejadian Ini Bikin Geleng Kepala, Masuk Kuburan hingga Lewati Jurang

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 28 Desember 2021 15:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 28 86 2523665 gunakan-google-maps-5-kejadian-ini-bikin-geleng-kepala-masuk-kuburan-hingga-lewati-jurang-uNRpVPceVN.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

JAKARTA - Terdapat beragam cerita menarik pengendara saat kesasar karena mengikuti petunjuk aplikasi Google Maps.

Dari masuk kuburan hingga melewati jurang dialami beberapa pengendara.

Dirangkum Okezone, berikut beberapa kejadian pengendara kesasar karena mengikuti Google Maps:

1. Wisatawan tersesat di kebun teh

Wisatawan asal Tanggerang Selatan, Novian dan keluarga tersesat di kebun teh saat mencari petunjuk arah dengan menggunakan aplikasi peta. Saat itu Novian dan keluarga bermaksud mengunjungi Kawah Papandayan Garut.

Dengan mobil jenis Suzuki APV warna hitam, Novian berkendara dengan keluarga menggunakan jalan Pangalengan–Neglawangi Kabupaten Bandung.

Namun sayangnya, Novian dan keluarga malah tersesat hingga ke tengah perkebunan teh atau hutan di wilayah kaki Gunung Papandayan. Tepatnya di blok perkebunan tibet perbatasan Kabupaten Garut dan Kampung Papandayan Desa Neglawangi pada Jumat (7/6/2019) sekira pukul 19.00 WIB.

Medan jalan tanah dan bebatuan yang rusak dan sempit membuat Novian kesulitan untuk keluar dari hutan atau perkebunan teh itu. Apalagi mobil yang dikendarai pun mengalami slip.

Novian lalu menghubungi call center Basarnas untuk meminta pertolongan penjemputan. Mereka kemudian dievakuasi sekitar pukul 01.15 WIB.

Baca Juga:

Ngeri, Viral Sopir Bus Nyetir Lalu Salip Truk Sambil Main Game Online di HP

Viral Mobil Ambulans Diberhentikan untuk Kasih Jalan Pejabat Tinggi Ini

2. Tersesat di hutan

Mad jais (37) warga Tanah Abang Jakarta tersesat mengikuti arahan aplikasi GPS di Hutan Kawasan Culamega, Tasikmalaya, Minggu (04/10/2020).

Hal ini berawal ketika Madberniat mengunjungi kawannya di Kawasan Cikuya, Tasikmalaya. Namun, Karena baru pertama kali berkunjung, ia tidak mengetahui jalanan hingga memutuskan gunakan aplikasi petunjuk arah (google maps). Alhasil, Kendaraan berplat nomor B-1826-UKM malah tersesat masuk wilayah hutan dan perkebunan teh.

"Lumayan ketakutan juga yah. Mau cari bantuan juga jalan kakinya jauh ke pemukiman warga. Mana malam lagi pak. Yah kepaksa kita bermalam di mobil," ungkap Mad Jais.

Beruntung, kendaraan korban yang terjebak ditemukan sejumlah petani yang hendak berkebun minggu pagi.

Petani membantu evakuasi kendaraan gunakan alat manual seadanya. Selain didorong pakai tangan, warga juga pakai tali tambang. Kendaraan akhirnya bisa diangkat dari lobang setelah sejam melakukan evakuasi.

3. Mobil masuk jurang

Mobil Yaris yang dikendarai Kurtono (58), warga Kertajaya, Surabaya, masuk ke Jurang Sendi di Mojokerto, Sabtu (29/6/2019), sekitar pukul 18.00 WIB.

Kurtono mengaku dia mengikuti petunjuk arah dari aplikasi Google Maps saat menuju Malang dari Surabaya.

Namun, saat melintas di wilayah Jurang Sendi, mobil Toyota Yaris L 1787 WR miliknya tiba-tiba menabrak pembatas jalan dan akhirnya terjun ke jurang sedalam sekitar 25 meter.

Kejadian tersebut sempat disaksikan oleh saksi mata bernama Udin. Saat itu dirinya melihat mobil Kurtono melaju kencang.

"Mobil menuju ke arah Trawas, kecepatan mobil saat menuruni turunan jurang sendi sekitar 100 lebih," kata Udin.

Setelah menabrak pembatas, mobil yang ditumpangi Kurtono oleng dan masuk ke jurang.

4. Ojol masuk kuburan

Pemilik akun TikTok @angahelycha menceritakannya kisahnya sebagai pengemudi ojek online yang mendapat orderan pada tengah malam, namun di perjalanan malah tersesat di kuburan.

Hal itu terjadi ketika ia mengikuti petunjuk arah menggunakan aplikasi peta pada awal Oktober 2021.

"Aku rasa aku tersesat ni," katanya.

Di video kedua ia memerlihatkan jika sudah berada di tengah-tengah area kuburan. Setelah itu ia langsung tancap gas mencari jalan keluar.

Sayangnya saat keluar dari area kuburan ia malah masuk ke jalan buntu. Melihat hal tersebut ia langsung putar balik untuk mencari jalan lain.

"Aku rasa sudah salah jalan, masyaallah bukan juga," katanya lagi.

Angahelycha terus mencari jalan menuju ke kedai. Kondisi jalan pun gelap gulita dan rusak cukup parah.

Namun tak berselang lama ia sudah masuk ke area perkampungan. Kemudian terlihat ada sederet rumah dan di ujungnya ada sebuah kedai yang tengah ia cari-cari.

Setelah itu, ia melanjutkan perjalanannya untuk pulang ke rumah. Hanya saja di perjalanan ia sedikit mengeluh, bagaimana tidak Angahelycha baru saja tersesat di kuburan dengan jalan rusak.

"Malam-malam buta dengan jalan macam ni," katanya.

5. Lewati jurang dan jalanan rusak

Terbaru, terdapat kisah pengendara kesasar imbas mengikuti arahan Google Maps yang diunggah akun TikTok @mikaylaku.id.

Pengemudi mengaku saat itu ia dalam perjalanan menuju Dieng, Jawa Tengah.

"Awalnya aku enggak sama sekali curiga karena jalannya halalu tetapi lama-kelamaaan banyak motor yang papasan dan melihat kita itu aneh," ucap sang wanita.

Adanya tatapan aneh dari pengendara motor, ia mengaku baru merasakan kecurigaan.

Hingga kemudian, kecurigaan ia terbukti setelah mendapati jembatan penghubung di jalanan tersebut rusak parah.

"Bener aja dong ternyata jembatan penghubungnya rusak parah," tegas sang wanita.

Meski demikian, kepalang tanggung sang pengendara berusaha melewati jalanan rusak dan jembatan yang berada di pinggir jurang tersebut.

Beruntung, mereka selamat dan bisa melanjutkan perjalanan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini