Share

Rakyat +62 Harus Tahu, Ini Daftar Pelat Nomor Kendaraan Dewa yang 'Kebal Hukum' di Jalan

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 29 Desember 2021 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 29 52 2524368 rakyat-62-harus-tahu-ini-daftar-pelat-nomor-kendaraan-dewa-yang-kebal-hukum-di-jalan-n3nCLfAMRI.jpg Mobil dinas Kepresidenan RI dikirim ke luar daerah (Youtube Boby Rachma)

TANDA Nama Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor kendaraan merupakan sumber bukti legalitas sebuah kendaraan. Pasalnya pelat nomor memiliki fungsi agar kendaraan dapat mengaspal di jalan raya secara legal dan memenuhi kaidah hukum yang berlaku. Maka dari itu pelat nomor polisi di gunakan sebagai lambang identitas sebuah kendaraan

Namun disamping itu perlu Anda ketahui bahwa di Indonesia alias negara +62 juga terdapat daftar pelat nomor dengan kode khusus loh. Bukan bermaksud sebagai pajangan semata saja, pelat tersebut memiliki huruf terakhir seperti RFL, RFS, RFD, RFP,RFU, RFO, RFH, RFQ, CC dan CD.

Baca juga: Jangan Ubah 7 Hal Ini pada Pelat Nomor Kendaraan Anda, Bisa Dipenjara!

Deretan pelat nomor yang disebutkan digadang-gadang sebagai pelat nomor dewa anti-tilang alias ‘kebal hukum’ di jalan raya. Jadi tak heran jika mobil itu lewat di jalan bebas saja mendahului atau bahkan disertai pekikan sirine strobo yang mengangetkan pengguna jalan lain.

Kadang mengganggu sih, tapi apa boleh buat? Rakyat biasa harus minggir dulu membiarkan mobil-mobil berpelat "dewa" itu lewat. Karena kemudahan itu pula kadang ada juga oknum yang memalsukan pelat nomor kendaraan pribadinya dengan kode tersebut, sehingga bisa gagah-gagahan atau ugal-ugalan di jalan.

Dirangkum MNC Portal dari beberapa sumber, Rabu (29/12/2021), berikut deretan daftar pelat nomor dewa yang ‘kebal hukum’ di jalan:

1. Arti pelat nomor huruf belakang RF

Pelat nomor khusus tersebut diperuntukan bagi instansi pemerintahan di Indonesia. Umumnya digunakan pada pejabat tinggi negara eselon II ke atas hingga para menteri.

Baca juga: Mengenal Kode Plat Nomor Mobil Milik Pejabat Negara

2. Pelat nomor RFL, RFD, RFU, RFP

Untuk ketiga plat nomor di atas memiliki kode arti sebuah kepemilikan. Pada plat nomor RFL (Reformasi Laut) digunakan untuk petinggi Angkatan Laut, sedangkan RFD (Reformasi Darat) diperuntukan bagi Angkatan Darat, Sementara plat RFU (Reformasi Udara) difungsikan sebagai identitas anggota Angkatan Udara. Terakhir pada kode khusus RFP (Reformasi Polisi) digunakan pada instansi tinggi kepolisian.

3. Pelat nomor RFS

Ketika Anda sedang mengemudikan mobil dijalan, pasti sering melihat pelat nomor dengan kode RFS terpintas menyalip kendaraan dengan pengawalan ketat. Kode rahasia tersebut dimiliki oleh pejabat sipil dan sekretariat negara.

4. Pelat nomor putih huruf awal C

Pernakah Anda melihat sebelumnya mobil melintas dijalan dengan plat nomor putih bertuliskan huruf awal C? Bagi yang belum mengetahuinya kode rahasia tersebut dibuat khusus untuk mobil dinas kedutaan. Berikut rincian kodenya:

- CC singkatan dari Corps Consulaire

Ilustrasi

- CD singatan Corps Diplomatique

Misal format mobil CC 21341 12, Angka tengah yang meliputi 21341 merupakan nomor registrasi pendaftaran mobil. Sedangkan angka terakhir 12 merupakan kode negara.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini