Share

Heboh Curhat Wanita Kena Abu Rokok Pengendara di Jalan, Bola Matanya Sampai Melepuh

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 09:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 52 2526491 heboh-curhat-wanita-kena-abu-rokok-pengendara-di-jalan-bola-matanya-sampai-melepuh-ttrqgE25Bt.jpg Ilustrasi rokok (Freepik)

JAKARTA - Sebuah postingan viral di media sosial yang berisikan curhatan wanita terkena abu rokok pengendara di jalan.

Dalam postingan yang diunggah akun Instagram @agoezbandz4, terlihat potret wanita itu di rumah sakit dan memperlihatkan kondisi bola matanya.

Kondisi mata pereumpuan itu terlihat diperban setelah terkena bara rokok dari pengguna jalan lain yang tidak bertanggung jawab.

rokok di jalan

“Buat mas-mas yang buang bara rokok didepan motor gue tadi. Bara lu mantep banget mas bola mata gue sampe melepuh,” tulis keterangan dalam foto tersebut.

Wanita itu berpesan kepada pengendara di jalanan agar tak merokok sambil berkendara karena membahayakan bagi orang lain.

Postingan curhatan si wanita ini lantas disambut positif dari netizen. Banyak dari mereka yang juga mengalami hal serupa.

"Mau di mobil kek di motor tetep aja intinya ngerokok sambil berkendara itu bahaya," tulis netizen.

"Baru kemarin kejadian gue tendang tangannya pengendara yang ngerokok dijalan soalnya sudah gue tegur bukannya langsung dimatikan apa dibuang rokoknya malah mlengos sok jagoan setelah gue tendang dan bentak terus ajakin gelut baru deh minta maaf, sorry suka kesel soalnya dengan type pengendara model gitu," jelas netizen.

"Cape negor, cape begal, cape rampas, udah digituin tetep aja dinyalain lagi. 2x berantem gara2 ginian dijalan," ujar netizen lainnya.

Aturan

Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 12 Tahun 2019 Pasal 6 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor yang digunakan untuk Kepentingan Masyarakat telah mengatur mengenai larangan merokok saat mengoperasikan kendaraan.

Tertulis dalam peraturan, mengemudikan sepeda motor dilarang sambil merokok. Selain dapat mencelakai diri sendiri, merokok sambil berkendara motor juga dapat mengakibatkan kecelakaan bagi pengendara lain.

Pada pasal 6 huruf c, berbunyi, "Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedan mengendarai sepeda motor."

Selain itu, aturan menuliskan larangan merokok bagi pengendara sepeda motor. Namun, bila mengacu pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ), sebenarnya pelarangan melakukan aktivitas lain selain berkendara ditujukan untuk semua pengemudi, mulai dari mobil hingga truk.

Pasal 106 ayat 1 UU LLAJ, menuliskan bahwa, "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan wajib mengemudikan kendaraannya dengan wajar dan penh konsentrasi."

Bagi pengendara yang melanggar ketentuan larangan merokok ini dapat dikenakan Pasal 283, yang berbunyi: "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor di Jalan secara tidak wajar dan melakukan kegiatan lain atau dipengaruhi oleh suatu keadaan yang mengakibatkan gangguan konsentrasi dalam mengemudi di Jalan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (1) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak Rp 750.000,00 (tujuh ratus lima puluh ribu rupiah)."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini