Share

Seniman Buat Sepeda Motor dengan Rangka Kayu dan Berbahan Bakar Metana

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 03 Januari 2022 15:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 03 53 2526743 seniman-buat-sepeda-motor-dengan-rangka-kayu-dan-berbahan-bakar-metana-OUWLqzgMkD.jpg Motor berbahan bakar metana karya seniman Belanda (Autoblog)

SEORANG Seniman asal Belanda bernama Gijs Schalkx membuat sepeda motor unik dengan rangka kayu dan berbahan bakar metana yang lebih ramah lingkungan. Desainer sekaligus insinyur independen itu menamakan karyanya itu dengan Slootmotor.

Melansir dari Autoblog, motor kayu itu dilengkapi sebotol kecil cairan di setang, dan ada balon di silinder transparan besar yang berdiri tegak di belakang jok sebagai tangki bahan bakar.

Baca juga: Duh Bahaya Banget, Perempuan Ini Dibonceng Tapi Duduknya Menghadap Belakang

Schalkx mengambil bahan bakar metana dengan memanen sumber gas yang terdapat dari dalam rawa.

Caranya dengan mengarungi dan menyapu kotoran di bagian bawah rawa, melepaskan gelembung gas, yang dia perangkap dalam ember mengambang terbalik di permukaan air. Dia kemudian memompanya dengan tangan ke tangki bahan bakar.

Seniman pemilik sepeda motor tersebut memberi nama unit tersebut ialah Slootmotor. Schalkx menyebut Slootmotornya sebagai kendaraan paling hijau di planet ini, karena membakar metana yang seharusnya dibuang secara alami ke atmosfer.

Baca juga: 6 Cara Merawat Motor Sendiri Selama Liburan Akhir Tahun

Produk sampingan dari pembakarannya adalah CO2, yang, seperti yang kami catat sebelumnya, memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih kecil daripada jumlah metana yang sama.

Itulah sebabnya Anda akan sering melihat pembakaran metana di operasi minyak dan gas dan di tempat pembuangan sampah.

Kendati demikan, cara ini bukan cara yang paling hemat tenaga untuk mengisi bahan bakar sepedanya. Seniman tersebut memberi tahu informasi bahwa butuh sekitar delapan jam untuk mengumpulkan cukup bahan bakar untuk mendorong sepeda sejauh 20 kilometer. Kendati demikian seniman tersebut puas dengan hasil sepeda motor garapannya.

ilustrasi

“Saya pikir motivasi terbesar adalah gagasan bahwa setiap kali saya memasukkan [bensin] ke tangki sepeda motor saya, saya mensponsori, katakanlah, perusahaan besar, kampanye greenwashing mereka, dan saya benar-benar ingin menjadi mandiri,” katan Gijs Schalkx

Seniman desainer, insinyur independen asal Belanda itu menyukai gagasannya bahwa dia dapat menemukan bahan bakarnya sendiri. 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini