Share

4 Cara Merawat Jok Motor Agar Awet dan Terlihat Seperti Baru

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 05 Januari 2022 00:06 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 04 53 2527293 4-cara-merawat-jok-motor-agar-awet-dan-terlihat-seperti-baru-SprC2V3ZyY.jpg Jok motor Airhawk (Morebike)

JOK motor berperan sangat penting sebagai penunjang kenyamanan saat berkendara. Karena sering bersentuhan langsung dengan bokong saat duduk atau meletakkan barang bawaan, maka wajar jika jok cepat robek atau kusam.

Jika jok motor mengalami kerusakan maka tidak hanya mengurangi tampilan saja, namun juga dapat mengurangi rasa nyaman dalam berkendara. Maka dari itu rawatlah jok motor Anda supaya selalu dalam kondisi yang baik dan terlihat seperti baru.

Baca juga:  6 Penyebab Kecelakaan yang Sering Dilalaikan Pengemudi

Melansir dari laman resmi Astra Motor, berikut 4 cara merawat jok motor supaya tetap awet dan terlihat baru :

1. Atur dan perhatikan muatan jok

Hal pertama yang perlu Anda lakukan supaya jok tetap awet yakni dengan memperhatikan muatan jok.

Jika muatan barang yang Anda bawa mengandung unsur tajam yang dapat merusak jok, maka lapisi dengan menggunakan plastik maupun jok. Hal ini akan melindungi jok motor dari muatan bertekstur tajam dan kasar yang dapst merusak jok motor.

Baca juga: Tips Aman Mengemudi Mobil saat Hujan

2. Membersihkan jok motor dari kotoran

Langkah kedua dalam perawatan jok motor yakni dengan rajin membersihkan dari kotoran. Sebab parts ini sering kerap terkana kotoran seperti lem, tanah, lumput maupun getah yang pasti sulit dihilangkan.

Jika mengalami kondisi tersebut maka Anda dapat membersihkan dengan menggunaka. Minyak tanah secara menyeluruh. Setelah itu barulah Anda siramdengan air untuk menghilangkan bau minyak tanahnya.

3. Hindari jok dari panas sinar matahari

Cara yang ketiga dalam merawat jok motor yaitu dengan hindari menjemur jok saat panas terik sinar matahari. Hal ini dapat berakibat buruk bagi kondisi jok Anda yang kering, mudah mengkerut dan akhirnya dapat mengakibatkan kulit jok pecah-pecah.

Tidak hanya itu saja membiarkan motor terjemut lanas matahari juga dapat membuat cst Anda menjadi kusam bahkan luntur.

 Ilustrasi

4. Rajin mencuci jok motor secara berkala

Jok yang selalu bersih dan rutin di cuci akan terjaga selalu keawetannya. Terlebih bila Anda menggunakan cairan khusus pembersih kulit.

Hal itu akan tampilan jok motor Anda akan mengkilap tak kalah seperti jok motor baru. Maka dari itu rajinlah mencuci dan merawat jok motor Anda secara berkala.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini