Penjualan Mobil di Jerman Terendah dalam 30 Tahun Terakhir

Agregasi VOA, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 05:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 52 2528453 penjualan-mobil-di-jerman-terendah-dalam-30-tahun-terakhir-zjQcSaK14U.jpg BMW, salah satu mobil produksi Jerman (bmwblog)

OTORITAS Transportasi Federal Jerman (KBA) mencatat sebanyak 2,62 juta kendaraan terdaftar di Jerman pada 2021, negara dengan ekonomi terbesar di Eropa. Jumlah itu, 10,1% lebih rendah daripada tahun sebelumnya pada masa pandemi virus corona merebak.

"Pasar mobil mengejutkan semua orang tahun 2021. Sayangnya, tidak dalam arti positif," kata Direktur federasi importir mobil (VDIK), Reinhard Zirpel, dalam sebuah pernyataan.

Baca juga: Brosur Iklan Mobil Berusia 40 Tahun Bantu Polisi Ungkap Kasus Tabrak Lari

Penjualan mobil di negara otomotif itu mengalami penurunan besar tahun 2020, turun 19 persen dan mencapai titik terendah sejak penyatuan kembali Jerman tahun 1990, karena virus corona menghancurkan sebagian besar perekonomian negara itu.

Dampak pembatasan kesehatan terasa hingga tahun 2021, khususnya gangguan yang disebabkan oleh rantai pasokan dunia berdampak sangat besar bagi industri otomotif yang merupakan andalan Jerman.

Baca juga: 5 Artis yang Pura-Pura Punya Mobil Mewah Padahal Cuma Bisa Nyewa

Kekurangan semikonduktor, komponen penting untuk kendaraan konvensional dan listrik, memaksa produksi berjalan secara tersendat-sendat dan berarti industri terpaksa harus "berjalan dengan lamban", kata Zirpel.

Bulan Desember kondisi lamban ini tidak berhenti, dan angka dari KBA menunjukkan penjualan tahun-ke-tahun turun 26,9 persen, bulan keenam berturut-turut dimana penjualan turun.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini