Share

4 Cara Memperpanjang Masa Pakai Aki Kendaraan

Andin Nurul Alifah, Jurnalis · Kamis 06 Januari 2022 18:23 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 52 2528461 4-cara-memperpanjang-masa-pakai-aki-kendaraan-SlqXYTQCH4.jpg Merawat aki mobil (Istimewa)

AKI atau akumulator merupakan salah satu komponen penting di dalam kendaraan. Aki akan bekerja dengan normal pada periode waktu terntentu karena setelah dipakai terus-menerus melalui mekanisme charge dan discharge lambat laun komponen akan aus dan kehilangan fungsi normalnya.

Meski tidak dipakai, tegangan listrik yang ada pada aki akan habis pada waktu tertentu. Supaya aki bisa berumur panjang sesuai dengan kemampuannya, maka merawat aki merupakan hal yang wajib untuk dilakukan.

Baca juga:  Kiat Mudah Perbaiki Aki Basah yang Rusak

Berikut caranya seperti dikutip dari laman resmi Nissan :

Panaskan mesin secara berkala

Terutama pada kendaraan yang jarang digunakan, mesin perlu dipanaskan secara periodic atau berkala. Lepaskan pula terminal negatif aki untuk menghindari aki kehilangan muatan.

Wajib memanaskan mesin kendaraan anda minimal dengan durasi 5 sampai 10 menit. Akan lebih baik lagi jika memanaskan mesin kendaraan sebanyak 2 kali sehari.

Baca juga: Cara Memilih Aki Mobil yang Minim Perawatan

Bersihkan aki secara rutin

Terimanal aki sewaktu-waktu bisa kotor atau kendor. Saat terminal aki kotor, arus listrik tidak bisa mengalir sempurna yang mengakibatkan pasokan listrik kurang. Selain itu lambat laun akan merusak terminal. Bersihkan jika teriminal kotor dengan amplas halus atau mengerik menggunakan obeng cutter, namun harap berhati-hati jangan sampai menggores logam pada terminal.

Jika terminal kendur segera dikencangkan karena terminal kendor bisa menimbulkan percikan api. Meski kecil, percikan api ini akan mengakibatkan kerusakan pada aki.

Periksa ketersediaan listrik di dalam Aki

Pemilik perlu setidaknya sebulan sekali melakukan pengecekan cairan elektrolit dalam aki. Dalam pemeriksaan, jika aki berkurang atau berada di bawah garis 'low level' maka itu menandakan cairan elektrolit aki sudah berkurang dan membutuhkan tambahan.

 ilustrasi

Periksa pengikat aki

 

Pastikan selalu aki selalu dalam posisi yang benar dan tidak bergeser-geser. Aki yang selalu berguncang saat kendaraan bergerak akan lebih cepat rusak.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini