Share

Bukan Tanpa Alasan, Ternyata Ini Loh Penyebab Mobil Klasik Mahal

Anisa Suci Maharani, Jurnalis · Jum'at 07 Januari 2022 12:17 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 06 52 2528463 bukan-tanpa-alasan-ternyata-ini-loh-penyebab-mobil-klasik-mahal-qs3bRt4NSj.jpg Ilustrasi mobil (dok. Freepik)

JAKARTA -  Peminat mobil klasik rela menyiapkan dana besar untuk membeli kendaraan jadul. Bagi mereka, mengoleksi mobil klasik bukan hanya sekadar hobi. Ada juga yang menjadikannya sebagai investasi jangka panjang.

Mobil bekas tidak memiliki standar harga. Harganya bisa lebih fantastis daripada mobil baru jika mempunyai nilai koleksi yang tinggi.

Hal ini penyebab mobil klasik masih sangat diminati.

Berikut beberapa penyebab mobil klasik memiliki harga mahal:

1. Nilai Historis

Nilai historis atau sejarah menjadi faktor utamanya. Harga mobil bisa melambung tinggi jika pernah digunakan oleh tokoh penting di masa lalu, misalnya kendaraan operasional seorang menteri.

Contohnya adalah Toyota Land Cruiser FJ40, yang terkenal karena ketangguhannya dan sempat digunakan sebagai kendaraan operasional sipil dan militer Indonesia. Nilai nostalgia lah yang membuat para penggemar bersedia membayar mahal.

Baca Juga:

Dear Pencinta Otomotif, Tiket MotoGP Mandalika 2022 Resmi Dijual, Yuk Cek Harganya!

Daftar Pameran Otomotif yang Digelar di 2022, Catat Tanggal Mainnya!

2. Modelnya Jarang Ada

Model mobil klasik sangat terbatas karena berbeda dengan mobil prduksi baru. Seperti Dodge, FIAT atau Chrysler. Mereka memiliki nilai keunikan tersendiri lantaran cukup langka di Indonesia.

Contoh model klastik yang banyak diminati oleh penggemar di Indonesia yaitu model coupe atau station wagon.

3. Nilai Keunikan Tertentu

Semakin unik mobil tersebut semakin tinggi harganya. Contohnya adalah model VW Kodok.

Mobil berbentuk katak itu banyak diminati oleh penggemar mobil klasik. Selain itu ada juga Mini Cooper lama yang muncul di serial legendaris Mr. Bean.

4. Pernah Dijual Namun Terbatas

Indonesia pernah kedatangan beberapa model varian yang memiliki keunggulan tertentu. Sayangnya, mobil tersebut sangat terbatas.

Seperti mobil Daihatsu Charade Turbo dan FIAT Uno Turbo. Keduanya pernah ada di Indonesia secara resmi, namun dengan jumlah terbatas.

5. Biaya Restorasi Mahal

Selain harga jual yang mahal, biaya restorasi mobil klasik juga tak bisa dibilang murah. Sebab, ketersediaan suku cadang dan bengkel spesialis mobil di Indonesia sangat terbatas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini