Share

Kenali 3 Tanda Aki Mobil Bermasalah, Harus Segera Diganti!

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 08 Januari 2022 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 08 52 2529158 kenali-3-tanda-aki-mobil-bermasalah-harus-segera-diganti-yQSUwQ29L5.jpg Ilustrasi aki mobil (Freepik)

AKI merupakan komponen penting yang berfungsi sebagai pemberi daya arus listrik pada mobil, sehingga mesin dan seluruh sistem kelistrikannya dapat menyala dengan normal.

Anda harus merawat dengan baik kondisi aki mobil, karena kalau bermasalah seperti tekor hingga strum daya listrik tidak mengisi, maka akan mempengaruhi ke kendaraan.

Baca juga: 4 Cara Memperpanjang Masa Pakai Aki Kendaraan

Aki yang tidak mengisi tentu akan sangat merepotkan Anda. Hal itu dikarenakan bahwa aki tidak kembali mengecas dengan sempurna sehingga apabila mesin dimatikan maka aki tidak dapat menghidupkan kembali mesin mobil karna arus aki yang lemah. Maka dari itu periksa secara berkala kondisi aki mobil Anda.

Namun tidak perlu panik dan khawatir sebab aki mobil yang tidak mengisi memiliki tanda-tanda yang mudah dikenali.

Berikut tanda-tanda aki mobil tidak mengisi dan segera harus diganti ini sebagaimana dilansir dari Auto2000 :

1. Strum dan kelistrikan tidak berfungsi

Ciri-ciri yang pertama yang wajib Anda periksa yakni mengenai kelistrikan pada mobil, seperti contoh pada klakson dan lampu mobil.

Baca juga: Bisa Dilakukan di Rumah, Ini 4 Cara Cas Aki Mobil dengan Listrik

Apabila klakson dan lampu mobil tersebut tidak dapat menyala maka dapat menjadi ciri-iri bahwa kelistrikan mobil hilang atau tidak berfungsi.

2. Aki mobil menjadi gemuk

Ciri-ciri kedua yang dapat Anda liat dari kasat mata yaitu dengan memperhatikan bentuk aki mobil Anda. Apabila terdapat benjolan penyebabnya biasanya adanya kerusakan dari element pengisian daya strumnya.

Sama seperti pada smartphone jika ditemukan baterai mengembang menjadi indikasi bahwa baterai mengalami kerusakan.

Ilustrasi

3. Muncul suara starter namun mesin tidak jalan

Ciri-ciri terakhir yang dapat Anda pantau yakni ditandai dengan adanya suara starter dan mesin yang menyala namun mesin mobil tidak bisa digerakan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini