Share

Jangan Keliru, Ini Tips Merawat Mobil Matik agar Mesin Awet Anti Ngadat

Tim Okezone, Jurnalis · Minggu 09 Januari 2022 18:39 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 09 87 2529581 jangan-keliru-ini-tips-merawat-mobil-matik-agar-mesin-awet-anti-ngadat-ICLvmOGpv5.JPG Ilustrasi (Foto: Reuters)

MOBIL dengan transmisi matik dewasa ini sangat digemari, terutama masyarakat perkotaan. Selain simpel dikendarai, perawatannya pun terbilang mudah.

Mobil matik juga juga lebih nyaman dikendarai karena pengemudi tak perlu repot-repot memainkan kopling saat berkendara. Meski demikian, mobil matik juga memiliki kekurangan, terlebih beli mobil bekas.

Terdapat hal yang harus diperhatikan saat membeli mobil matik. Mulai dari transmisi, kenyamanan suspensi, kehalusan mesin, dan lainnya. Berikut tips merawat mobil matik agar mesin tetap awet dan performanya terjaga baik.

Servis rutin di bengkel berlisensi

Banyak orang yang meremehkan servis rutin tepat waktu di bengkel. Padahal, cara ini adalah metode paling mudah untuk mengecek apakah mobil dalam kondisi yang sehat. Mobil Anda akan dicek luar dalam dan diservis sesuai dengan kebutuhan mobil Anda tentunya.

Baca juga: Praktis Banget, Ini 7 Cara Mudah Mengendarai Mobil Matik Buat Pemula

Infografis Tips Rawat Mesin Mobil Matik

Panaskan mesin setiap hari

Jangan salah, meskipun dianggap remeh memanaskan mesin mobil setiap hari memiliki manfaat sangat besar pada mobil Anda terutama pada aki mobil. Memanaskan mobil membuat sirkulasi oli pada mesin tetap terjaga dan menjaga kesehatan aki agar tidak cepat drop.

Rutin ganti oli transmisi dan mesin

Oli yang sudah lama akan membuat mobil Anda terasa kasar saat dikendarai. Mengganti oli secara rutin dapat menjaga kesehatan mobil matic Anda agar tetap awet dan nyaman saat dikendarai.

Cara paling mudah untuk menentukan oli sudah harus diganti atau belum adalah dengan melihat odometer, idealnya oli sudah harus diganti setelah menempuh 30.000 kilometer.

Selain itu, bisa juga dengan cara melihat garis oli di stik pengukur oli, jika oli Anda berada di bawah garis, maka oli tersebut perlu ditambah bahkan diganti.

Jangan sering biarkan bensin kosong

Tangki bensin mobil yang terlalu lama kosong bisa menyebabkan kerusakan pada injeksi mobil sehingga umurnya pendek. Sebaiknya isi bensin mobil saat sudah diperlukan, jangan menunggu mobil hingga mati baru mengisinya.

Isi bahan bakar sesuai oktan yang dianjurkan

Mengisi bahan bakar mobil dengan oktan yang kurang atau melebihi saran berpotensi menyebabkan keborosan bahan bakar dalam pemakaian. Jangan sampai, seharusnya mobil Anda hemat bensin malah jadi boros hanya karena ingin menghemat uang.

Itulah beberapa tips merawat mobil matik agar awet dan nyaman saat dikendarai. Konsultasilah pada bengkel berakreditasi jika ada hal janggal pada kondisi mobil Anda.

Gandhi Khairan Fathurahman

Bina Nusantara University

Marketing Communication

NIM 2440069792

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini