Share

Ini Tanda-Tanda Knalpot Motor Bocor, Segera Perbaiki!

Rio Chandra, Jurnalis · Senin 10 Januari 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 10 53 2529974 ini-tanda-tanda-knalpot-motor-bocor-segera-perbaiki-qg8MhxnAFY.jpg Knalpot motor (Chinesescoots)

BAGI para pemilik sepeda motor tentu sangat sulit mengidentifikasi kebocoran pada knalpot. Jika dibiarkan akan sangat mengganggu masyarakat sekitar karena suara yang di keluar dari knalpot yang bocor membuat tak nyaman dan juga ketika saat berkendara.

Baca juga:  Jangan Beli Sembarangan, Ini 6 Tips Memilih Knalpot Racing Buat Motor

Bagi kamu yang masih bingung mengidentifikasi knalpot yang bocor. Berikut beberapa ciri knalpot mengalami kebocoran dan harus segera di perbaiki, dikutip dari laman resmi Astra Motor, Senin (10/1/2022).

1. Kebiruan pada pipa knalpot

Setiap kali ada kebocoran di sistem pembuangan, akan ada panas yang berlebih melalui pipa knalpot. Akibatnya, logam pembuangan dapat mulai membentuk lapisan teroksidasi di permukaannya karena panas yang ekstrem.

Lapisan teroksidasi ini di tandai dengan pipa knalpot yang akan berwarna biru. Warna lapisan teroksidasi lainnya yang memungkinkan yakni kuning, oranye bahkan merah.

Baca juga:  Tak Cuma Suara, Cek Sederet Perbedaan Knalpot Racing dan Standar

2. Bunyi Knalpot

Exhaust popping terjadi ketika udara panas yang berlebihan akibat banyaknya bahan bakar yang masuk ke area knalpot. Biasanya ledakan bahan bakar itu akan menghasilkan suara seperti popping.

3. Tanda Hangus

Bekas hangus pada komponen sistem pembuangan merupakan ciri lain dari kebocoran knalpot pada sepeda motor. Setiap kali ada kebocoran, itu membuat jalan pintas bagi gas buang untuk keluar. Selama pelepasan ini, bahan luar komponen yang mengalami kebocoran akan bersentuhan dengan gas buang bersuhu tinggi.

 Ilustrasi

4. Tingkat Kebisingan Lebih Tinggi di Knalpot

 

Setiap kali ada kebocoran pada knalpot sepeda motor, tingkat kebisingan biasanya akan lebih tinggi dari biasanya.Semakin besar kebocoran, semakin banyak tingkat kebisingan yang tidak menentu.

Dalam keadaan normal, muffler biasanya akan meredam sebagian besar kebisingan. Namun, ketika ada kebocoran knalpot akan sulit dikendalikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini