Share

Lintasan Khusus 1000 Meter untuk Uji Coba Kendaraan Autopilot di China Disiapkan

Tim Okezone, Okezone · Rabu 12 Januari 2022 09:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 11 52 2530541 lintasan-khusus-1000-meter-untuk-uji-coba-kendaraan-autopilot-di-china-disiapkan-9ZxZSpM0Zw.jpg Ilustrasi mobil (dok Freepik)

CHINA - Lintasan khusus berupa jalan sepanjang 1000 meter telah disiapkan Pemerintah China untuk menjadi fasilitas pengetesan mobil dengan sistem Autopilot.

Wakil Direktur Jenderal Biro Ekonomi dan Teknologi Informasi Kota Beijing, Wang Lei menjelaskan, Kota Beijing telah mencapai keberhasilan yang signifikan dalam melakukan pengembangan untuk kendaraan Autopilot.

"Pada 2021, Beijing telah menetapkan zona percontohan mengemudi otonom canggih pertama di dunia, dan telah membuka jalan 1.000 kilometer untuk bisa dimanfaatkan dalam tes otonom dan mampu mengumpulkan lebih dari 3 juta kilometer jarak tempuh pengujian," jelas Wang Lei, dikutip dari Gasgoo Autonews.

infografis

Baca Juga:

Keren, 4.529 Tiket MotoGP Sirkuit Mandalika Terjual dalam Sepekan

Intip Mobil Mazda Lidya si Pelakor vs Kinan Istri Setia di Layangan Putus, Mana Favoritmu?

Selain itu, China juga telah memprakarsai proyek Intelligent City 2.0 pada tahun 2021.

Proyek ini untuk melanjutkan pembangunan sistem perangkat lunak atau perangkat keras yang terintegrasi dan didedikasikan untuk bersinergi dengan beberapa aspek, seperti kendaraan-jalan-cloud-jaringan-peta.

Untuk mendukung hal tersebut, saat ini Beijing juga telah membuka 56.400 titik BTS berteknologi 5G serta ditambah dengan teknologi 8K dalam rantai industri secara keseluruhan.

Bahkan, pemerintah kota setempat juga telah mengeluarkan dan menerapkan dua skema di bidang komputasi data dan Artificial Intelligent (AI) dengan membangun pusat daya superkomputer.

Kendaraan uji coba harus dilengkapi dengan perangkat yang relevan dan terhubung ke platform komputasi awan atau cloud untuk transmisi data real-time guna memastikan keamanan perlintasan.

Beijing telah mengeluarkan pelat mobil sementara untuk 99 kendaraan dari 15 perusahaan termasuk raksasa internet China, Baidu, dan platform ride-hailing China, DiDi Chuxing.

Di antara perusahaan-perusahaan ini, startup kendaraan otonomos China Pony.ai, dan Baidu telah menerima izin untuk mengujicobakan mobil swakemudi mereka dengan penumpang di dalamnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini