Share

7 Penyebab Mobil Tak Bisa Distarter dan Bunyi Tek-Tek, Begini Solusinya

Rio Chandra, Jurnalis · Kamis 13 Januari 2022 08:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 12 52 2531173 7-penyebab-mobil-tak-bisa-distarter-dan-bunyi-tek-tek-begini-solusinya-KZEbogBEo6.jpg Ilustrasi kunci mobil (Shutterstock)

KETIKA mobil tidak bisa distarter dan terdengar bunyi tek tek, ini disebabkan dari beberapa hal yang terkait dengan komponen mobil. Dengan mengetahui sumber masalah dari mobil yang tidak bisa distarter ini, Anda jadi bisa melakukan perhitungan berapa kira-kira biaya yang dihabiskan untuk melakukan perbaikan.

Biasanya yang tidak mengerti mesin, ketika mobil distarter bunyi tek tek pasti menganggap kerusakan ada di aki mobil. Ketika sudah mengganti aki ternyata masih sulit distarter, baru menyadari bahwa kerusakan bukan di aki.

Namun, penyebab mobil yang sulit untuk distarter kecenderungannya akan muncul suara tek tek. Munculnya suara ini menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada salah satu sistem mesin atau kelistrikannya.

Baca juga:  4 Masalah Sering Dialami Mobil Usai Dibawa Liburan, Begini Cara Mengatasinya

Setidaknya ada 7 penyebab mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek yang perlu Anda ketahui sebagaimana dilansir dari laman resmi Suzuki, Kamis (13/1/2022) :

1. Cek Dinamo Starter Hal

Pertama yang harus diperhatikan adalah dinamo starter. Komponen ini bertugas untuk memutar poros engkol mesin dengan bantuan baterai atau aki.

Dinamo starter terikat kuat pada mesin dengan baut khusus. Jika baut tersebut longgar, maka mesin akan mengeluarkan bunyi tek tek saat dihidupkan.

Solusinya adalah mengencangkan baut pengikat dinamo starter. Namun, jika ternyata lubang baut sudah aus, maka perlu dilakukan pembubutan agar dinamo starter tidak bergetar saat mesin di-starter.

2. Gigi Pinion Rusak

Gigi pinion adalah roda gigi kecil di antara dinamo starter dan flywheel. Komponen ini berfungsi ketika mesin dihidupkan dan roda gigi pinion muncul dan kemudian bertautan dengan roda gigi pada flywheel.

Roda gigi pinion ini bisa aus karena selalu bersinggungan dengan flywheel. Jika masalahnya di gigi pinion, satu-satunya cara adalah mengganti komponen ini.

Baca juga:  Mengatasi Mobil Mogok di Tengah Jalan

3. Engine Mounting

Engine mounting adalah komponen yang berfungsi sebagai dudukan mesin agar posisinya stabil di dalam ruang mesin. Karet ini bisa sobek sehingga terdengar bunyi tek tek saat distarter. Cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti karet engine mounting ini

4. Oli Belum Naik Bagi

Mobil yang sudah lama tidak dihidupkan, bunyi tek tek ketika akan distarter biasanya disebabkan oli mengumpul di bagian carter atau oil pan. Akibatnya oli di bagian atas mesin kering sehingga mobil sulit distarter dan mengeluarkan bunyi tek tek.

Namun, Anda tidak perlu panik jika masalahnya karena hal ini. Cukup tunggu hingga oli naik, kemudian coba starter kembali. Jika mobil hidup dan bunyi hilang bisa dipastikan penyebabnya adalah karena oli belum naik. 

Ilustrasi

5. Kurang Setrum Aki Kurang

Aki seharusnya mengeluarkan setrum untuk menyalakan motor starter, tapi kalau aki tekor maka mobil tidak bisa dinyalakan dan muncul bunyi tek tek saja. Ini menandakan bahwa arus listrik yang dibutuhkan besar, namun jumlah yang didapatkan justru lebih kecil.

Anda perlu turun dan mengecek berapa tegangan aki yang dihasilkan ketika mobil sedang distarter. Pengecekannya sendiri dapat memanfaatkan avometer digital dan aki sebaiknya memiliki tegangan minimal 12,6 Volt.

Apabila usai diukur jumlahnya lebih sedikit, sebaiknya cobalah untuk mencharge aki. Namun jika Anda tidak dalam keadaan dapat mencharge maka bisa melakukan jumper aki.

Aki yang bermasalah meskipun Anda sudah mencharge nya berarti harus sudah minta diganti dengan yang baru.

6. Motor Starter Bermasalah

Jika aki normal dan mobil masih tidak bisa distarter bunyi tek tek, maka bisa saja masalahnya muncul dari motor starter. Tapi, untuk mengecek ini perlu pembongkaran lebih lanjut.

Ada beberapa bagian dari motor starter yang mungkin saja mengalami kerusakan dan harus diganti. Namun secara umum, ada tiga jenis masalah yang dapat terjadi.

Pertama, rusaknya solenoid starter atau magnetic switch. Bagian ini berfungsi untuk menggerakan pinion gear supaya terkait pada ring gear. Fungsi lainnya adalah sebagai saklar agar mengalirkan listrik besar pada kumparan medan dan armature.

Solenoid starter ini bisa saja rusak karena kumparan rusak dan mengalami konslet. Penyebab kedua karena rangkaian listriknya sudah putus. Demi mengetahui bagian yang rusak hubungan kumparan solenoid, relay serta sekring harus diperiksa.

Kedua, carbon brush motor sudah habis. Mobil tidak bisa distarter bunyi tek tek bisa diakibatkan bantalan yang seharusnya mengalirkan arus listrik ke kumparan armature terputus.

Ilustrasi

Bantalan atau yang disebut dengan carbon brush ini bisa saja habis dan harus diganti sehingga arus listrik kembali seperti semula. Karena jika arus listrik tidak ada tenaga putar menjadi melemah dan inilah yang menjadi sumber suara tek tek.

Ketiga, terbakarnya kumparan medan dan kumparan armature. Pada motor starter kedua jenis kumparan ini bisa saja terbakar saat terjadi konslet. Apabila sudah terbakar maka arus listrik yang lebih besar tidak akan dihasilkan.

Efeknya mobil tidak akan menyala dan untuk perbaikannya harus dilakukan penggantian motor starter secara keseluruhan. Sulit untuk memperbaiki hanya bagian kumparan medan dan kumparan armature saja.

7. Kerusakan pada Sistem Kelistrikan

Kerusakan pada sistem listrik bisa membuat kendaraan tidak dapat menyala. Anda bisa mengecek sistem kelistrikan, khususnya di bagian konektor dan soket. Bisa saja beberapa soket atau konektor terlepas akibat getaran dan kotoran.

Konektor yang terlepas sudah pasti tidak dapat mengalirkan arus listrik dan sering muncul bunyi tek tek. Pemeriksaan sistem listrik secara menyeluruh perlu dilakukan sehingga sumber masalah bisa diketahui.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini