Share

4 Cara Menghindari Agar Mobil Tak Tertimpa Pohon Tumbang di Musim Hujan

Bertold Ananda, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 13 52 2531753 4-cara-menghindari-agar-mobil-tak-tertimpa-pohon-tumbang-di-musim-hujan-3Wdc6qsGM0.jpg Pohon tumbang menimpa mobil di Pangkalan Bun (MPI/Sigit)

AWAL 2022, sebagian besar wilayah Indonesia masih dilanda musim hujan. Hujan deras disertai angin kencang sangat rawan terhadap bencana khususnya pohon tumbang dan bisa saja menimpa mobil.

Di kota seperti Jakarta dan sekitarnya, selain pohon, baliho atau papan reklame yang berdiri di pinggir jalan juga bisa sewaktu-waktu roboh menimpa kendaraan Anda. Jadi perlu berhati-hati.

Baca juga:  Hadapi Musim Hujan, 5 Tips Jaga Agar Mobil Tetap Mengkilap

Sebenarnya Anda bisa menghindari mobil Anda agar tidak tertimpa pohon tumbang saat hujan atau angin kencangan dengan cara sebagai berikut :

1. Waspada di jalan

Cara menghindari mobil tertimpa pohon tumbang saat hujan yakni dengan selalu waspada saat dijalan. Terlebih saat berkendara saat hujan disertai angin kencang.

Tetaplah waspada dan selalu memperhatikan kondisi di jalan. Ada baiknya selalu berjaga jarak dengan kendaraan di depan supaya dapat memberikan peluang untuk menghindar dari marabahaya.

Baca juga:  Ternyata Ini Penyebab Tak Boleh Pakai Lampu Hazard Saat Musim Hujan

2. Tentukan lokasi parkir aman

Cara selanjutnya untuk menghindari mohon tertimpa pohon saat hujan yakni dengan menentukan posisi parkir. Pastikan mobil Anda terparkir dengan aman saat hendak meninggalkan kendaraan.

Tips aman yang perlu Anda terapkan degan menghindari parkir di bawah pohon besar yang berpotensi tumbang. Meski terkesan sejuk saat kondisi panas, namun pada saat kondisi hujan akan sangat berbahaya.

3. Jangan panik

Cara selanjutnya yang dapat Anda terapkan yakni dengan berkendara dengan serius tapi rileks. Hal itu berguna untuk meningkatkan kepekaan Anda terhadap objek yang menghalangi didepan.

Hindari kepanikan dengan melakukan rem mendadak atau bermanuver cepat saat suatu objek jatuh secara tiba-tiba didepan Anda. Hal itu akan jauh lebih berbahaya dan merugikan Anda serta pengemudi kendaraan lainnya.

 Ilustrasi

4. Pantau kondisi cuaca

Cara satu-satunya dalam meningkatkan kewaspadaan saat berkendara yaitu dengan memantau kondisi cuaca. Saat ini teknologi telah bisa membaca perkiraan hujan dj seluruh kota. Ada baiknya sebelum berkendara Anda selaku memantau kondisi cuaca.

Jika perkiraan curah hujan hari ini lebat disertai angin kencang, maka baiknya Anda menunda perjalanan dilain hari atau mencsri rute alternatif.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini