Sempat Dikira Mainan, Ini Daftar 5 Mobil Terkecil di Dunia

Rio Chandra, Jurnalis · Jum'at 14 Januari 2022 15:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 52 2532158 sempat-dikira-mainan-ini-daftar-5-mobil-terkecil-di-dunia-pz8AVGTnUx.jpg Mobil Terkecil di Dunia (dok Carstyling)

JAKARTA - Mobil biasanya didesain besar untuk mengangkut banyak orang atau barang, sehingga dapat mempermudah pekerjaan manusia.

Namun, ada beberapa mobil didesain memiliki bodi kecil dan hanya mampu mengangkut satu penumpang.

Bahkan, beberapa memiliki bodi seperti mobil mainan anak-anak. Apa saja mobil mungil yang pernah dibuat?

Berikut lima mobil terkecil di dunia:

1. Austin Coulson Car

Kendaraan roda empat Austin Coulson yang dirancang khusus ini menjadi mobil terkecil di dunia menurut Guinness Book of World Records. Meskipun didesain dengan ukuran tinggi 25 inci, lebar 25,75 inci, dan panjang 49,79 inci, mobil ini tetap memenuhi standar keamanan seperti sabuk pengaman dan wiper kaca depan.

Tak hanya kecil, mobil ini juga dilisensikan sebagai kendaraan berkecepatan rendah karena kecepatan maksimumnya hanya 33 mph. Bodi mobil ini meniru Chevrolet Bel Air tahun 1957 dan tampilan depannya berasal dari pesawat perang P51 Mustang.

Baca Juga:

Viral Cekcok Antar Tetangga Diduga Gara-gara Klakson, Cek Aturan Resminya

6 Cara Merawat Motor Sport yang Benar Agar Performanya Tetap Prima

2. Eshelman Sport Car de Luxe

Mobil

Mobil yang memiliki berat 113 kilogram ini diproduksi oleh perusahaan Cheston L Eshelman dari Baltimore. Awalnya, perusahaan ini memulai usahanya sebagai produsen pesawat kecil sebelum merambah ke produksi perahu, traktor, dan mobil-mobil kecil. 

Mobil ini memiliki panjang 54 inci, lebar 24 inci, dan tinggi 23 inci. Sayang, pada 1961 perusahaan menghentikan produksinya.

3. Brütsch Mopetta

Egon Brütsch dari Stuttgart, Jerman, membuat mobil satu penumpang untuk menghadiri International Bicycle and Motorcycle Exhibition tahun 1956. Dia hanya membuat 14 unit mobil, meskipun Opel mempertimbangkan untuk memproduksinya juga. Terakhir mobil ini diproduksi pada 1958 memiliki panjang 67 inci, lebar 35 inci, dan tinggi 42,5 inci. Dengan berat 78 kilogram, Egon merancangnya hanya memiliki tiga buah roda.

4. Peel P50

peel

Mobil ini awalnya diproduksi pada 1962 hingga 1965 di Isle of Man oleh Peel Engineering Company. Lalu diproduksi ulang pada 2010 dengan tampilan yang lebih modern yaitu sebagai mobil listrik. Panjang Peel P50 54 inci, lebar 41 inci, dan tinggi 53 inci. Meskipun tidak bisa berjalan mundur, Peel P50 memiliki pegangan praktis di bagian belakangnya sehingga pengemudi dapat keluar dan memutar mobil tersebut. Mobil Peel P50 sempat masuk ke dalam Guinness Book of World Records sebagai mobil terkecil selama setengah abad.

5. Isetta Mobil

isetta

Isetta pertama kali diproduksi pada 1953 hingga 1955. Diproduksi oleh Italia Iso, mobil ini memiliki pintu unik di bagian depan untuk bisa keluar dan masuk. Mobil ini cukup populer di seluruh Eropa pada zamannya dengan berbagai modifikasi di bawah berbagai perjanjian lisensi. Namun, bentuk aslinya membuatnya dijuluki sebagai mobil gelembung. Mobil tersebut memiliki panjang 88,6 inci, lebar 52,8 inci, dan tinggi 52 inci dengan kecepatan maksimum 85 kilometer per jam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini