Share

Hypercar Terbang Sukses Uji Coba di Dubai, Begini Wujudnya

Rio Chandra, Jurnalis · Sabtu 15 Januari 2022 09:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 14 52 2532358 hypercar-terbang-sukses-uji-coba-di-dubai-begini-wujudnya-qi7Z4wQPWX.JPG Hypercar terbang Volar eVTOL Aircraft uji terbang di Dubai (Khaleej Times)

PERKEMBANGAN teknologi otomotif tidak hanya fokus pada mobil listrik dan otonom. Mobil terbang juga terus berkembang.

Sebuah kendaran terbang futuristik telah berhasil menyelesaikan serangkaian uji terbang di Dubai, Uni Emirat Arab. Hypercar ini dirancang untuk perjalanan dalam kota dengan kecepatan terbang mencapai 220 Km per jam.

Startup Bellwether Industries yang berbasis London, Inggris telah menyelesaikan pengujian terhadap prototipe yang diberi nama Volar eVTOL Aircraft dengan menggunakan tenaga listrik pada November 2021.

 Baca juga: Periskop 2022: Perkembangan Mobil Listrik dan Mobil Terbang di 2022

Melansir dari Khaleej Times, Jumat (15/1/2022), eVTOL adalah singkatan dari lepas landas dan mendarat vertikal listrik. Dalam dua tahun terakhir, seluruh tim juga telah melakukan beberapa fase iterasi untuk meningkatkan kinerja dari penerbangan prototipe ini.

“Volar kami terbang dengan lancar dan membuktikan upaya kami dalam inovasi dan teknologi. Kami yakin dengan volar kami dan akan berusaha untuk kesempurnaan dengan peningkatan berkelanjutan," ujar Kai-Tse Lin, chief operating officer, dan salah satu pendiri di Bellwether Industries.

 

“Uji terbang dilakukan pada ketinggian 13 kaki dengan kecepatan 40 Km per jam. Tes ini menunjukkan stabilitas dan pengendalian terhadap prototipe. Langkah ini akan menjadi awal dari serangkaian proyek pengembangan," sambungnya.

 Baca juga: Mobil Terbang Listrik Ini Bisa Meluncur 102 Km Per Jam, Segini Harganya

Perusahaan itu memposting video uji coba penerbangan di media sosial. Yang diberi judul "Era mobilitas udara perkotaan telah dimulai".

Video menunjukkan kendaraan tersebut lepas landas dari are taman yang terbuka, lalu terbang dan mendarat kembali dengan selamat.

Prototipe saat ini hanya memiliki dua kursi, nanti tujuaan kedepannya adalah hypercar ini mampu di isi lima kursi yang dapat menerbangkan keluarga.

Hypeecar ini telah dirancang sebagai pengganti mobil. Volar dikatakan sebagai eVTOL pertama di dunia tanpa lebar sayap yang besar atau bilah yang terbuka yang mampu terbang.

Prototipe ini dijadwalkan akan siap dan diuji kembali pada 2023. Dari situs webnya, perusahaan mengatakan: “Kami percaya bahwa orang-orang yang bepergian di langit tidak dapat dihindari dalam 10 tahun ke depan. Oleh karena itu, kami membuat volar bagi siapa saja untuk terbang kapan saja dan di mana saja ke titik mana pun.”

Uji terbang mengungkapkan datang sehari setelah Jalan dan Transportasi Otoritas Dubai (RTA) mengadakan forum hukum pertama untuk meninjau undang-undang untuk taksi terbang.

 Ilustrasi

Ini bukan pertama kalinya mobil terbang dieksplorasi di Dubai. Selama Dubai Air Show 2021, LuftCar yang berbasis di Florida mengatakan sedang mengembangkan kendaraan otonom yang dapat dipasang dan dilepas dari modul terbang .

Pada bulan November, RTA mengatakan sedang mengemudikan taksi terbang dan skypod yang dapat mengemudi sendiri .

Pada Juli 2020, Dubai telah mengeluarkan undang-undang yang mengatur pengoperasian kendaraan udara tak berawak (UAV).

Proyek Sky Dome berambisius akan membuat langit Dubai dipenuhi dengan objek terbang tak berawak yang akan menghubungkan berbagai tempat dan bangunan melalui landasan pendaratan dan bandara mini di seluruh kota.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini