Share

Buram Ganggu Penampilan, Ini Cara Jitu Bersihkan Lampu Depan Mobil Antiribet

Bertold Ananda, Jurnalis · Senin 17 Januari 2022 12:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 17 87 2533327 buram-ganggu-penampilan-ini-cara-jitu-bersihkan-lampu-depan-mobil-antiribet-FOCWa8jRNv.JPG Ilustrasi (Foto: Eblogfa)

LAMPU utama mobil yang berada di depan, merupakan komponen penting bagi sebuah kendaraan. Pasalnya, lampu berfungsi membantu penerangan saat berkendara di malam hari. Oleh karenanya, harus terjaga kebersihannya agar penerangan dapat tertata dengan baik.

Jika tidak rutin dibersihkan maka dapat terjadi kondisi lampu depan menjadi buram. Jika Anda mengalami kondisi seperti itu maka ada konsekuensi yang Anda didapat yakni pencahayaan lampu menjadi tidak fokus, sehingga penerangan pada malam hari jadi tidak maksimal.

Tak hanya itu saja, lampu depan yang buram dan menguning lama-lama juga akan menggangu penampilan mobil Anda. Namun Anda jangan patah arang. Pasalnya masih ada cara untuk membersihkannya. Berikut cara mebersihkan lampu depan mobil dengan mudah sebagaimana dilansir dari laman Auto2000.

Siapkan alat pembersih

Dalam melakukan pembersihan lampu depan mobil, tentu hal utama yang harus dipersiapkan ialah mengenai alat pembersihnya. Lengkapi kebutuhan alat seperti sabun cuci mobil, air hangat, minyak tanah, amplas 1.500 dan 2.000, pasta gigi, compound dan kain microfiber.

Mencuci lampu

Setelah sudah dipastikan alat yang dibutuhkan lengkap. Pertama-tama awali dengan mencuci lampu secara menyeluruh. Gunanya yakni menghilangkan noda atau kotoran yang menempel pada lapisan mika lampu depan mobil yang sulit dibersihkan. Lalu keringkan dengan kanebo supaya permukaan lampu tidak basah.

Baca juga: 5 Cara Sederhana Merawat Power Window Mobil

Infografis Tips Mobil Terbakar

Racik ramuan sederhana

Langkah satu ini penting diperhatikan dan jangan sampai salah menerapkannya. Sebab, ramuan inilah yang berguna untuk dapat menghilangkan lampu buram dan menguning dalam waktu cepat.

Pertama campurkan sabun cuci mobil dengan minyak tanah dengan rasio perbandingan 60:40 atau 70:30. Jika sudah diracik, mulailah melaukan pengamplasan lampu mobil menggunakan tipe amplas 2000 sambil dicelupkan ke dalam racikan tersebut.

Baca juga: Perlukah Mesin Kendaraan di Panaskan Setiap Hari? Ini Jawabannya

Jika kondisi nampak berubah dan sudah terlihat tidak terlalu buram lagi, maka ganti dengan menggosok amplas 1.000. Namun sebaliknya, kalau masih terlalu buram, tetap gunakan ampelas 2000 hingga merasa sudah cukup bersih. Lakukan berulang sampai mendapat hasil maksimal.

Manfaatkan compound

Alat tidak hanya bermanfaat untuk menghilangkan baret halus pada bodi saja lho. Melainkan dapat berguna untuk membersihkan lampu mobil yang buram. Hal itu disebabkan karena sifat compound yang keras sehingga dapat membersihkan kotoran yang membuat buram lampu depan mobil Anda.

Bersihkan pakai amplas 1.500

Jika masih terlihat kurang maksimal atau masih menyisakan baret halus, maka gunakan amplas 1.500. Caranya tetap sama dengan mencelupkan terlebih dahulu ke dalam ramuan yang telah diracik lalu gosokan pada lampu yang buram. Lakukan cara yang sama sampai mendapatkan hasil maksimal.

Gunakan pasta gigi

Jika masih terdapat sedikit sisi lampu yang buram dan sulit dibersihkan, maka cara selanjutnya yakni bersihkan menggunakan pasta gigi.

Infografis Manfaat Coating Mobil saat Musim Hujan

Pastikan pasta gigi yang digunakan memiliki kandungan detergen yang rendah. Lakukan pengolesan secara menyeluruh pada lampu depan mobil dan diamkan sejenak. Setelah itu bilang menggunakan air dan lap dengan kain micorfiber.

Poles kaca

Cara ini merupakan langkah tepat dan cepat dalam membersihkan kaca mobil. Sebab, hal ini kerap dilakukan banyak orang dengan memanggil jasa detailing untuk membersihkan lampu depan yang buram. Namun hal ini tentu memiliki kelemahan yakni harga yang dipatok persatuan lampunya cukup mahal. Sehingga, banyak pemilik mobil akhirnya beralih dengan membersihkan lampu mobil sendiri dengan racikan yang ditentukan. (put)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini