Share

Bukan untuk Gaya-gayaan, Ini Fungsi Utama Spoiler Mobil!

Rio Chandra, MNC Portal · Selasa 18 Januari 2022 14:50 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 52 2533987 bukan-untuk-gaya-gayaan-ini-fungsi-utama-spoiler-mobil-78l4SdWdTt.jpg Spoiler mobil (Jalopnik)

MODIFIKASI mobil akan menambah tampilan mobil menjadi elegan dan sporty. Tapi banyak yang belum paham mengenai fungsi dari kegunaannya spoiler mobil.

Bukan sekedar gaya ketika mobil dipasang spoiler, secara instan mobil terlihat lebih sporty. Sebenarnya bukan hanya penampilan saja yang menjadi efek dari spoiler, melainkan juga performa mobil itu sendiri.

Baca juga:  Honda Civic GT 01 Dimodifikasi Gaya Street Racing, Begini Tampilannya

Dikutip dari laman resmi Nissan, berikut fungsi dari spoiler :

Fungsi Penting Spoiler 

 

Spoiler berfungsi menambah downforce atau tekanan ke bawah pada mobil untuk mengurangi gaya angkat yang timbul akibat kecepatan tinggi mobil yabg tidak stabil saat melaju dalam kecepatan tinggi akan menyebabkan pengemudi kehilangan kontrol.

Selain menambah tekanan bawah saat melaju kencang, spoiler mampu meningkatkan pengendalian mobil. Hal ini berkaitan dengan meningkatnya efek aerodinamis yang mempertahankan roda untuk tetap menempel di jalan.

 

Basanya pemasangan spoiler dipasang di bagian belakang mobil. Untuk mobil sedan, spoilernya akan ditempelkan di atas pintu bagasi. Sedangkan untuk mobil yang tidak memiliki bagasi belakang hatchback, maka dipasang di atap di atas kaca belakang.

 Baca juga: Mau Modifikasi Mobil Toyota Limo Bekas Taksi? Ini Kisaran Biaya Dibutuhkan

Tak Boleh Asal Pasang 

Jangan asal pasang spoiler, harus diperhatikan Pemasangannya, karena jika salah pemasangannya justru dapat menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar.

Beberapa produsen mobil bahkan mengembangkan spoiler yang mampu mengembang ketika mobil mencapai kecepatan 100 km per jam sehingga mobil akan lebih stabil saat melaju.

Tak hanya dari keluaran pabrikan, spoiler juga diproduksi sebagai produk aftermarket dan menjadi komponen penting modifikasi. Jadi, ketika mobil Anda memang tidak dilengkapi dengan spoiler, Anda tetap dapat menambahkan komponen ini.

Meski begitu, spoiler tersebut masih belum tentu memiliki fungsi yang sama dengan desain mobil ber-spoiler keluaran pabrik.

 Ilustrasi

Belum lagi dengan risiko pemasangan spoiler yang salah. Kesalahan dalam memasang spoiler yang asal-asalan justru dapat menjadi beban bagi mobil sehingga konsumsi bahan bakar jadi lebih besar. Jadi, pastikan untuk memasang spoiler secara baik dan benar di tempat yang terpercaya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini