Share

Bus Low Deck Ramah Difabel di Solo Mulai Uji Coba, Cek Sederet Rute yang Dilewati

Antara, Jurnalis · Selasa 18 Januari 2022 17:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 18 52 2534093 bus-low-deck-ramah-difabel-di-solo-mulai-uji-coba-cek-sederet-rute-yang-dilewati-MgHzDd0e1W.jpg Bus low deck ramah difabel di Solo (dok Instagram @adiputro_official)

SOLO - Kota Solo di Jawa Tengah mulai melakukan uji coba bus low deck atau dengan lantai rendah sehingga bisa digunakan oleh penyandang disabilitas maupun masyarakat umum.

"Uji coba tadi luar biasa, ini pertama di Indonesia barangkali, di Solo jadi kehormatan karena jadi tempat untuk uji coba. Fasilitas untuk difabel ini juga sangat baik," kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Surakarta Hari Prihatno di Solo, Selasa.

Ia mengatakan uji coba akan dilakukan satu bulan ke depan setelah memperoleh surat izin dari Satlantas Surakarta.

"Secepatnya, mudah-mudahan (izin) minggu ini selesai, setelah itu kami laporkan ke Kemenhub (Kementerian Perhubungan)," katanya.

Menurut dia, uji coba dilakukan untuk memastikan pihak pengelola maupun Dinas Perhubungan memperoleh masukan dari para pengguna.

infografis

Baca Juga:

Begini Perbedaan Insentif PPnBM Otomotif Tahun 2022 dan 2021, Jangan Sampai Bingung!

3 Penyebab Alarm Mobil Tidak Bunyi Saat Dikunci, Patut Diperhatikan Nih!

"Kami membuat uji coba ini karena ingin dapat masukan dari teman-teman media, dari teman-teman difabel, supaya ke depan bisa lebih baik lagi dalam pembuatannya," katanya.

Ia mengatakan salah satu yang dibenahi adalah akses masuk maupun keluar yang akan lebih mudah untuk pengguna kursi roda.

"Ke depan untuk kursi roda naiknya secara hidrolis atau elektrik. Selain itu, tadi ada juga masukan dari teman-teman difabel, lantainya karena ada lipatan jadi mengganggu orang mau naik maupun turun," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Tim Advokasi Difabel Divisi Jaringan Hermin Yuniastuti mengatakan sejauh ini bus tersebut sudah memenuhi kebutuhan penyandang difabel hingga 80 persen.

"Sudah memenuhi kebutuhan kami para difabel, kalau tingkat kenyamanan juga sudah oke. Kekurangan sedikit di pintu keluar masuk kursi roda belum rata, kalau mau berbalik (berputar) agak repot karena kalau putar balik butuh ruang yang agak longgar," katanya.

Selain itu, pihaknya mengapresiasi berbagai fasilitas yang sudah cukup lengkap, seperti pesan suara untuk tunanetra dan tulisan berjalan untuk tunarungu.

Kamu berminat mencoba bus ini? melansir laman Instagram @adiputro_official, masyarakat umum juga dapat mencoba naik bus uji coba yang mengikuti rute BST koridor I dengan jalur dari terminal Palur hingga bandara Adi Soemarmo. Rencana uji coba diadakan sebulan penuh hingga tanggal 10 Februari 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini