Share

Kenali Fungsi Washer Mobil, Perhatikan 3 Hal Ini dalam Penggunaannya

Rio Chandra, Jurnalis · Kamis 20 Januari 2022 15:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 52 2535101 kenali-fungsi-washer-mobil-perhatikan-3-hal-ini-dalam-penggunaannya-GxsWBAArRM.jpg Ilustrasi wiper mobil (Freepik)

KOMPONEN wiper dan washer semuanya saling berhubungan antara satu dan yang lainnya sehingga bisa membuat visibilitas pengendara jadi lebih baik.

Setiap komponen mempunyai tugasnya masing-masing, pengemudi bisa memanfaatkan untuk membersihkan kaca bagian area depan.

Mobil memiliki beragam sistem kelistrikan dengan perbedaan fungsi. Salah satunya adalah wiper dan washer, kedua komponen ini saling terhubung serta memiliki satu kesatuan kerja, tetapi wiper dan washer memiliki fungsi sendiri-sendiri.

 Baca juga: Ini Masalah yang Sering Timbul di Karet Wiper dan Washer Mobil, Begini Solusinya

Lalu, apa sebenarnya fungsi dari washer?

Dikutip dari laman resmi Suzuki, washer memiliki fungsi membantu kerja wiper, yakni dengan menyemprotkan air untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kaca depan maupun belakang.

Cairan pembersih sangat membantu untuk membersihkan kaca. Oleh karena itu, kotoran terlebih dahulu disiram oleh washer dan kemudian wiper bekerja menyapunya. Dengan demikian komponen ini saling terhubung serta memiliki satu kesatuan kerja tujuan agar kaca depan pengemudi tetap bersih.

Washer dioperasikan melalui sakelar, untuk mobil-mobil modern, washer dilengkapi dengan interlock. Yang mengaktifkan kerja wiper ketika washer difungsikan atau sedang menyemprotkan cairan.

Baca juga: 5 Kerusakan yang Sering Terjadi pada Wiper Mobil

Hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan dan perawatan washer :

1. Menggunakan cairan pembersih dan air

 

Jika menggunakan cairan pembersih yang asal, bisa beresiko timbulnya kerusakan pada fungsi washer. Seperti contohnya saat membersihkan lumpur di kaca, bisa merusak karet blade wiper.

Yang harus diperhatikan adalah cairan pembersih khusus ini harus digunakan bersama dengan air biasa. Campur cairan pembersih ini dengan air supaya mencairkan teksturnya yang kental.

(sal)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini