Share

Pentingnya Menyediakan Perlengkapan P3K di Kendaraan

Rio Chandra, Jurnalis · Jum'at 21 Januari 2022 06:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 20 87 2535098 pentingnya-menyediakan-perlengkapan-p3k-di-kendaraan-3iCm0FEgAk.png Ilustrasi Kotak P3K (dok Freepik)

JAKARTA - Menyediakan kotak P3K sangat penting agar setiap kejadian kecelakaan bisa ditangani dengan cepat dan efektif. Hal ini akan membantu mengantisipasi kesakitan lebih lanjut sampai bantuan medis tiba.

Kenapa kotak P3K harus perlu dipersiapkan di dalam kendaraan? karena kecelakaan bisa terjadi di mana pun.

Berdasarkan Pasal 57 No 3 Huruf G, UU No 22 Tahun 2009 menjelaskan, pengguna kendaraan harus memiliki perangkat pertolongan dalam kecelakaan di mobilnya. Jadi, bukan hanya dongkrak dan kunci roda yang ada di mobil namun perangkat darurat yang bisa menyelamatkan nyawa korban kecelakaan inipun harus disematkan di kabin.

Dilansir dari Verywel Family, barang P3K yang harus disimpan di mobil diantaranya perban perekat, salep antibiotik, bantalan kasa dan gulungan, ice pack dan bantalan pemanas.

Baca Juga:

Heboh Pasien Meninggal di Dalam Ambulans Karena Terjebak Macet, Cek 5 Aturan Pengawalannya

Begini Spesifikasi dan Fitur Lengkap Yamaha Fazzio, Berikut Bocoran Harganya

Selain itu, sediakan juga semprotan penghilang rasa sakit, krim untuk mengobati luka bakar, belat kit, penolak serangga, kapas dan lap, termometer, gunting dan pinset, pembersih tangan, larutan garam untuk membersihkan luka.

Kamu juga dapat mempertimbangkan membawa barang-barang penting lainnya seperti obat anti-mual, juga penting untuk membawa salinan resep untuk penyakit serius seperti asma dan jantung. Lalu yang terakhir, memiliki salinan nomor kontak rumah sakit yang bisa dihubungi.

(nia)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini