Share

Jangan Keliru, Perhatikan 5 Hal Ini saat Test Drive Mobil

Bertold Ananda, Jurnalis · Sabtu 22 Januari 2022 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 22 87 2536100 jangan-keliru-perhatikan-5-hal-ini-saat-test-drive-mobil-oTCrPa0uvc.JPG Ilustrasi Test Drive (Foto: Getty Images)

SIAPAPUN Anda yang hendak mengganti kendaraan lama dengan baru, sudah sepatutnya melakukan test drive. Sebab, hal itu dilakukan untuk merasakan secara langsung performa mesin dan kondisi keseluruhan kendaraan bermobil.

Namun test drive yang dilakukan tak boleh asal-asalan. Ada sejumlah faktor yang perlu diperhatikan sebelum melakukannya. Berikut ulasannya sebagaimana dilansir MNC Portal dari berbagai sumber.

Tiba tepat waktu

Hal pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin test drive sebuah kendaraan yakni datang tepat waktu. Misalnya datang maupun membuat janji dengan pemilik mobil disarankan di siang hari. Hal itu akan membantu Anda melihat kondisi keseluruhan mobil yang ingin dibeli.

Akan menjadi malapetaka yang suram bila Anda melakukan test drive pada malem hari. Selain jarak pandang terbatas Andapun tidak bisa memerhatikan detail kondisi keseluruhan mobil yang ingin dibeli.

Baca juga: Begini Perbedaan Cara Kerja Power Steering Hidrolik dan Elektrik pada Mobil

Infografis Mobil

Duduklah sebagai penumpang

Hal yang kedua yang patut Anda coba ketika sedang melakukan test drive yaitu mencoba duduk sebagai penumpang. Hal ini dilakukan supaya Anda dapat menimkati mobil secara keseluruhan baik saat mengemudikan sendiri maupun disopiri menjadi penumpang.

Periksa seluruh fitur mobil

Hal yang ketiga mutlak Anda lakukan dalam menjajal test drive mobil yaitu memperiksa semua fitur mobil. Terlebih dahulu meminta izin kepada pemilik mobil untuk mencoba semua fitur yang ada di mobil tersebut. Ingat, pastikan semua fungsi mobil berfungsi dengan normal.

Lakukan di tempat berbeda

Hal selanjutnya saat melakukan test drive Anda bisa jalankan di tempat yang bervariatif. Kondisi itu akan jauh lebih enak. Pasalnya Anda pun bisa mencari tahu apakah mobil yang Anda beli tidak hanya nyaman digunakan di jalan halus, akan tetapi di jalan rusak juga nyaman tanpa kendala bunyi upnormal.

Bandingkan dengan mobil lain

Hal ini dilakukan untuk meyakinkan diri bahwa Anda nantinya tidak membeli kucing dalam karung alias mobil 'zonk'.

Sebab, saat ini masih banyak penjual yang tidak jujur dengan menyembunyikan minus mobilnya sebelum dijual. Maka antisipasi terbaik yang dapat Anda lakukan yakni dengan melakukan perbandingan dengan test drive mobil lain.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini