Share

Mobil Boks Hantam Rumah Warga, Yuk Pahami Pentingnya Aktifkan Rem Tangan Saat Parkir

Tim Okezone, Jurnalis · Senin 24 Januari 2022 05:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 23 52 2536423 mobil-boks-hantam-rumah-warga-yuk-pahami-pentingnya-aktifkan-rem-tangan-saat-parkir-EaKGAlc7QS.jpg Mobil Boks Hantam Rumah Warga di Majalengka (Dok iNews/M Zeni)

JAKARTA - Mobil boks dilaporkan menghantam rumah warga di Blok Kertasari, Desa Sindangkerta, Kecamatan Maja, Kabupaten Majalengka, Sabtu (22/1/2022).

Beruntung tidak ada korban luka dan jiwa dalam musibah ini. Rumah warga yang ditabrak mobil boks juga tidak mengalami kerusakan berarti.

Namun mobil boks bernomor polisi E 8490 PV itu tidak bisa keluar dari halaman rumah tersebut.

Dilaporkan insiden tersebut terjadi karena sopir mobil boks lupa mengaktifkan rem tangan.

"Penyebabnya, sopir lupa pasang rem tangan saat bongkar muatan di depan bengkel motor. Mobil boks maju sendiri dan masuk rumah milik ade yang berada di Jalan Maja-Majalengka," kata Kades Sindangkerta, Mohamad Sobirin.

infografis

Baca Juga:

Koleksi Kendaraan Calon Pemimpin Ibu Kota Baru Ahok vs Bambang Brojonegoro, Tajiran Siapa?

Kenapa Ganti Oli Gardan Mobil Harus Dilakukan Secara Rutin? Ini Penjelasannya

Berkaca dari peristiwa ini, yuk pahami lagi pentingnya mengaktifkan rem tangan saat parkir.

Melansir laman Auto2000, sebaiknya pemilik mobil harus mengaktifkan handbrake atau rem tangan saat parkir, agar mobil lebih aman dan tidak bergerak karena ditahan oleh rem tangan tersebut.

Selain itu, pemilik disarankan kendaraan menghindari memasukkan gigi perseneling saat mobil terparkir.

Meski ada sebagian pemilik kendaraan percaya dengan menggunakan gigi transmisi untuk menahan gerak mobil bisa memperpanjang usia komponen. Hal itu nyatanya cukup berbahaya untuk dilakukan.

Pasalnya, kadang pengguna kendaraan tidak teliti melakukan persiapan sebelum menyalakan mesin.

Saat distater, mobil bisa tiba-tiba loncat dan bisa menyebabkan terjadinya kecelakaan.

Tetapi, penggunaan rem tangan untuk jangka waktu yang cukup lama tidak disarankan, terutama di daerah yang kondisi cuacanya dingin, atau mobil yang sehabis melewati genangan air dan menerobos banjir.

Untuk mobil transmisi otomatis, jika ingin memarkir mobil dalam waktu lama, cukup menggeser tuas transmisi ke posisi parkir (P) tanpa perlu menarik tuas rem tangan.

Sementara, untuk mobil yang menggunakan transmisi manual, disarankan untuk memasukkan gigi/perseneling (posisi gigi satu) ketika mesin sudah dimatikan, terutama parkir di jalan miring.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini