Share

Catat! Ini 6 Tips Menghindari Tabrakan Beruntun di Jalan

Rio Chandra, Jurnalis · Selasa 25 Januari 2022 16:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 25 52 2537538 catat-ini-6-tips-menghindari-tabrakan-beruntun-di-jalan-DYQzHAn3Lq.jpg Tabrakan beruntut di Bintaro, Tangerang Selatan (Okezone.com/Hambali)

TABRAKAN beruntun sering terjadi di jalan raya khususnya area tol. Banyak faktor yang memicu kecelakaan, seperti rem blong maupun kelalaian pengendara.

Untuk menghindari kejadian yang sangat tidak menyenangkan ini tentu ada caranya yang bisa lakukan. Sebenarnya caranya cukup mudah, konsentrasi dan mematuhi aturan lalulintas menjadi utamanya.

Berikut ini beberapa tips agar terhindar dari kecelakaan beruntun .

1. Jaga jarak

Menjaga jarak dengan kendaraan di depan merupakan hal penting. Caranya dengan memberi jarak tiga mobil dengan kendaraan di depan. Namun seiring meningkatnya kecepatan maka jaraknya harus semakin jauh.

 Baca juga: Viral Pengendara Mobil Mewah Tabrak Tiang Lampu hingga Ringsek

Dengan menjaga jarak maka akan tersedia 'ruang' untuk menghindari jika terjadi hal atau manuver mendadak. Pengemudi harus fokus atau konsentrasi bila tak ingin terjadi kecelakaan beruntun.

2. Patuhi aturan batas kecepatan maksimal

 

Setiap ruas tol memiliki aturan batas kecepatan masimal. Biasanya kecepatan maksimal yang diizinkan antara 80-100 kilometer per jam (kpj).

 

Aturan batas kecepatan maksimal ini dibuat demi keamanan bersama. Karena itu pastikan jarum speedometer-mu tidak lebih dari batas kecepatan maksimal.

3. Kontur jalan sering tidak rata atau bergelombang

Selain kecepatan dan jarak aman, hal lain yang penting diperhatikan adalah kontur jalan tol. Beberapa jalan tol ada yang konturnya bergelombang dan ada pula yang tidak rata.

 Baca juga: Sering Dianggap Sepele, Ternyata Ini 4 Penyebab Rem Kendaraan Macet

Bahkan ada loh jalan tol yang berlubang-lubang, seperti di jalur Cikampek-Jakarta. Lubang-lubang ini, selain bisa membuat kaki-kaki mobil rusak, juga bisa jadi penyebab kecelakaan beruntun.

4. Waspadai truk dengan muatan berlebih

Ketika berkendara di jalan tol, harus waspadai truk dengan muatan berlebih. Sebab kelebihan muatan berpotensi membuat laju truk menjadi oleng. Kalau sudah begitu bukan saja truk itu yang akan mengalami celaka, tapi juga pengemudi di sekitarnya.

Selain itu truk yang kelebihan muatan juga kerap terguling karena tak sanggup menahan bebannya sendiri, terutama saat di jalanan menurun atau menanjak. Karena itu sebisa mungkin menjaga jarak darinya.

5. Rawat penunjang keselamatan

Wiper, kampas rem dan lampu-lampu wajib hukumnya selalu berada dalam kondisi terbaiknya saat menggunakan mobil. Sebab jika da satu saja yang rusak maka tabrakan beruntun bisa terjadi.

Kampas rem yang tipis contohnya, jika ada kendaraan yang berhenti mendadak maka Anda sulit mendapat jarak pengereman yang aman jika kampas rem sudah tipis. Tabrakan beruntun sulit dihindari jika kondisinya demikian.

 Ilustrasi

6. Tingkatkan kewaspadaan

Mengemudi adalah sebuah full time job. Selain konsentrasi, Anda juga perlu selalu waspada terhadap kondisi di luar mobil. Sebaiknya Anda perlu mengetahui gerak-gerik dan manuver yang akan dilakukan mobil di depan atau samping.

Dengan selalu waspada maka Anda bisa cepat mengambil keputusan dan tindakan untuk menghindari sejumlah manuver dadakan dari kendaraan di depan. Selain itu patuhilah selalu peraturan lalulintas.

Itulah sejumlah cara untuk menghindari diri Anda dari kejadian kecelakaan beruntun. Selain hal di atas, yang perlu dan penting untuk dilakukan adalah selalu menjaga kondisi mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini