Share

Mengenal Gurah Mesin Mobil dan Cara Melakukannya

Bertold Ananda, Jurnalis · Rabu 26 Januari 2022 12:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 01 26 52 2538015 mengenal-gurah-mesin-mobil-dan-cara-melakukannya-pOecnz3Ijh.jpg Ilustrasi mesin mobil (Pixabay/Antara)

GURAH mesin mobil atau juga disebut carbon cleaner engine merupakan bentuk inovasi terbaru dalam segi perawatan. Terobosan baru ini bertugas untuk mengembalikan performa yang hilang pada mesin kendaraan.

Pasalnya mobil yang digunakan terus-menerus tanpa perawatan tentu akan menyebabkan performa mobil menurun. Akibatnya tarikan gas semakin berat, rpm mobil tidak stabil bahkan tenaga mobil tidak maksimal. Maka dari itu inovasi ini ditemukan untuk menjaga dan mengembalikan performa mobil selalu dalam kondisi yang optimal.

Baca juga: 4 Efek Buruk Sering Gonta Ganti Merek Oli Mesin Kendaraan

Apa itu Gurah Mesin

Seperti pada namanya gurah yang memiliki arti dan fungsi sebagai membersihkan sesuatu yang kotor dengan metode pembersihan dari dalam yakni pada saluran pembakaran. Banyak masyarakat ataupun pemilik mobil yang tidak mengetahui bahwa saluran pembakaran wajib dibersihkan secara berkala.

Semakin bersih ruang bakar maka pembakaran juga akan menjadi sempurna dan secara otomatis juga akan meningkatkan tenaga menjadi lebih responsif.

Ciri-ciri mobil perlu dilakukan gurah mesin

Mesin mobil yang perlu dilakukan gurah mesin pasti memiliki tanda-tanda yang dapat dirasakan. Ciri-ciri tersebut diantaranya apabila kondisi mesin mobil mengalami tarikan yang berat, tenaga mobil yang boyo dan juga suara mesin ngelitik. Hal ini umumnya disebabkan karena ruang bakar mesin sudah dipenuhi kotoran dan endapan karbon.

Baca juga: 9 Cara Membersihkan Ruang Mesin Mobil Agar Performa Tetap Terjaga

Biasanya ini terjadi akibat pemilik kendaraan tidak mengisi bahan bakar yang sesuai standar pabrikan. Menggunakan bensin dengan oktan rendahh dapat memicu pembakaran ruang mesin yang tidak sempurna dan meninggalkan bekas endapan yang mempengaruhi soal performa.

Cara gurah mesin

Metode gurah mesin saat ini dianggap paling efektif untuk membersihkan ruang bakar secara menyeluruh selain tune up. Sebab cara melakukan gurah mesin sangatlah mudah, bahkan banyak pemilik mobil yang memilih untuk melakukan gurah mesin dirumah ketimbang di bengkel.

Hal itu dikarenakan pada proses pembersihannya gurah mesin menggunakan berbagai alat dan chamical khusus yang dapat merontokan endapan karbon dengan mudah.

Bagi Anda yang penasaran dan ingin tahu, berikut MNC Portal akan merangkum dari beberapa sumber, Rabu (26/01/2022) :

1. Mempersiapkan alat berupa obat chamical khusus dan alat berupa vakum penyedot dan kunci-kunci bantuan. Pastikan vakum dapat menyedot dengan kencang supaya air dan kotoran dapat terangkat dengan menyeluruh.

2. Nyalakan dan panaskan mesin kurang lebih sekitar 10-15 menit

3. Gunakan kunci untuk membuka semua koil dan busi

ilustrasi

4. Buka kemasan obat chamical carbon cleaner. Jika berbentuk cairan maka segera tuangkan ke lubang silinder. Sedangkan obat tersebut dalam bentuk spray maka semprotkan ke lubang silinder.

5. Tunggu sekitar 10-15 menit. Hal ini bertujuan untuk membiarkan cairan tersebut bekerja dalam merontokan endapan karbon dengan baik dan menyeluruh.

6. Setelah itu sedot cairan dan kerak yang kotor tersebut menggunakan vakum. Pastikan untuk melakukannya berulang-ulang pada setiap silinder. Hal itu berguna supaya tidak ada sisa air dan kotoran yang tertinggal.

7. Setelah dipastikan lubang silinder kering maka Anda dapat memasang kembali semua busi kedalam lubang silinder

8. Nyalakan mesin dan biarkan selama 10 menit

Dalam proses pembersihan yang maksimal ada baiknya dibarengi dengan melakukan penggantian oli mesin mobil.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini